CLOSE [X]

8 Destinasi Wisata Kota Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran

Rabu, 04 Mei 2022 | 07:58 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
8 Destinasi Wisata Kota Semarang yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Lebaran

ILUSTRASI. Ilustrasi destinasi wisata Semarang. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pd/17.


KONTAN.CO.ID - Ada beberapa destinasi wisata Kota Semarang yang bisa dikunjungi oleh pemudik atau wisatawan selama libur Lebaran 2022. 

Lantas, apa saja destinasi wisata Semarang yang bisa dikunjungi saat libur Lebaran 2022? 

8 Daftar destinasi wisata Semarang

Dirangkum dari laman Dinas Pariwisata Kota Semarang, berikut daftar destinasi wisata Semarang yang bisa dikunjungi antara lain:

1. Klenteng Sam Po Kong 

WISATA SEMARANG KELENTENG SAM POO KONG

Destinasi wisata Semarang salah satunya adalah Klenteng Sam Po Kong. Klenteng Sam Po Kong terletak di Jalan Simongan Raya No.129, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang.

Dirangkum dari Kompas.com (3/5/2022), Kelenteng Sam Poo Kong adalah kelenteng yang saat masih digunakan sebagai tempat ibadah umat Khonghucu. Selain untuk tempat ibadah, Kelenteng Sam Poo Kong juga bisa dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat akulturasi budaya China dengan adat Jawa.

Sam Poo Kong menjadi saksi bisu perjalanan Laksamana Cheng Ho ketika pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Jawa.

Baca Juga: Puncak Arus Balik 6-8 Mei, Masyarakat Diimbau Kembali Lebih Awal atau Setelahnya

2. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang

Selanjutnya, destinasi wisata Semarang adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid Agung Jawa Tengah bangunannya terinspirasi dari prinsip gugus model kluster dari masjid Nabawi dan Madinah. 

Bentuk penampilan arsitekturnya merupakan gubahan baru yang mengambil model dari tradisi para wali dengan membubuhkan corak universal arsitektur Islam pada bangunan pusatnya. Dengan menonjolkan kubah utama yang dilengkapi dengan minaret runcing menjulang di keempat sisinya. 

Masjid beserta fasilitas pendukungnya terletak di jalan Gajah Raya, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, menempati tanah bandha Masjid Agung Semarang seluas 10 ha dan mampu menampung jamaah lebih kurang 13.000 orang.

Baca Juga: Cuaca Besok di Jawa dan Bali: Semarang Berawan, Bandung Hujan Sedang

3. Kota Lama Semarang

Kota Lama Semarang

Kemudian, destinasi wisata Semarang adalah Kota Lama Semarang. Kota Lama Semarang terletak di Jalan Letnan Jenderal Suprapto, Tanjungmas, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah. 

Area Kota Lama Semarang atau yang sering disebut Outstadt atau Little Netherland mencakup setiap daerah di mana gedung-gedung yang dibangun sejak zaman Belanda. 

Secara umum karakter bangunan di wilayah ini mengikuti bangunan-bangunan di wilayah Eropa sekitar tahun 1700-an. Hal ini bisa dilihat dari detail bangunan yang khas dan ornamen-ornamen yang identik dengan gaya Eropa. 

Seperti ukuran pintu dan jendela yang luar biasa besar, penggunaan kaca-kaca berwarna, bentuk atap yang unik, sampai adanya ruang bawah tanah. Dari segi tata kota, wilayah ini dibuat memusat dengan Gereja Blenduk dan kantor-kantor pemerintahan sebagai pusatnya. 

Bagaimanapun bentuknya dan apapun fungsinya saat ini, Kota Lama merupakan aset yang berharga bila dikemas dengan baik. Sebuah bentuk nyata sejarah Semarang dan sejarah Indonesia pada umumnya.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Diprediksi pada 6-8 Mei, Menhub Imbau Pemudik Kembali Lebih Awal

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru