Jawa Timur

Abu vulkanik Gunung Raung menyebar hingga Bali, empat penerbangan dibatalkan

Rabu, 10 Februari 2021 | 12:53 WIB Sumber: Kompas.com
Abu vulkanik Gunung Raung menyebar hingga Bali, empat penerbangan dibatalkan

ILUSTRASI. Warga mengambil foto erupsi Gunung Raung dari Desa Bejong, Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (21/7).


KONTAN.CO.ID - DENPASAR. Abu vulkanik dari letusan Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur, mencapai sejumlah wilayah Bali. Sejumlah warga di Kabupaten Karangasem, Bali, sempat melaporkan adanya abu vulkanik di sekitar rumahnya.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa menerima laporan dari warga di delapan desa di Kabupaten Karangasem terkait abu vulkanik itu pada Selasa (9/2). Desa tersebut berada di wilayah Kecamatan Rendang, Selat, Bebandem, hingga Kota Karangasem. "Tapi sangat tipis abunya dan langsung hilang karena disertai dengan hujan. Sehingga tak sampai meluas," kata Arimbawa, Rabu (10/2).

Meski sangat tipis, BPBD Karangasem tetap menyiapkan masker jika intensitas abu vulkanik itu bertambah tebal. Warga melaporkan sejumlah abu terlihat menempel di dedaunan, mobil, dan genteng rumah warga. "Untuk aktivitas aman saja tak ada yang terganggu," kata dia.

Baca Juga: ​Gunung Raung erupsi, ini lokasi yang perlu dihindari para pendaki

Empat penerbangan batal

Sementara itu, Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Taufan Yudhistira mengatakan, abu vulkanik tak berpengaruh dengan aktivitas Bandara secara umum. Namun, ada empat penerbangan dari dan menuju Bali yang dibatalkan akibat abu vulkanik pada Selasa.

Penerbangan yang dibatalkan yakni dua keberangkatan dengan rute Bali-Lombok-Banyuwangi. Kemudian dua kedatangan dengan rute Banyuwangi-Lombok-Bali.

Penerbangan tersebut batal karena bandara di Banyuwangi ditutup. "Kalau penumpang yang terdampak kita tahunya yang keberangkatan yakni 47 orang ke Lombok dan Banyuwangi 12 orang," kata dia. Sementara untuk saat ini belum ada laporan penerbangan lain yang dibatalkan.

Baca Juga: Gunung Merapi punya dua kubah lava, pertama kali dalam sejarah

Prakirawan Cuaca BMKG Wilayah III Denpasar Luh Eka Arisanti mengatakan, dari citra satelit sebaran abu vulkanik Gunung Raung terpantau di Buleleng bagian barat dan Jembrana pada Rabu (10/2) pukul 12.00 Wita. Kemarin, terpantau sebaran abu vulkanik sampai ke Jembarana Buleleng, Tabanan Utara, Badung Utara, dan Bangli Utara.

Sebaran abu vulkanik bisa sampai ke Bali karena dipengaruhi arah angin dan tinggi kolom abu. "Kalau dari laporan, intensitasnya sangat tipis," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Abu Vulkanik Gunung Raung Menyebar hingga Bali, 4 Penerbangan Dibatalkan.
Penulis: Kontributor Bali, Imam Rosidin
Editor: Dheri Agriesta

Baca Juga: Mengapa gunung berapi meletus? Simak penjelasan dan penyebab gunung bisa meletus ini

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru