Ada Potensi Cuaca Ekstrem Periode 4-9 April 2023, Wilayah Mana Saja?

Selasa, 04 April 2023 | 05:07 WIB Sumber: Kompas.com
Ada Potensi Cuaca Ekstrem Periode 4-9 April 2023, Wilayah Mana Saja?

ILUSTRASI. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem pada 4-9 April 2023. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto


BMKG - JAKARTA. Masyarakat harus waspada cuaca ekstrem. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem pada 4-9 April 2023. 

Melansir Kompas.com, Senior Forecaster BMKG Agita Vivi Wijayanti mengungkapkan, sejumlah wilayah di Indonesia berpotensi mengalami cuaca ekstrem pada tanggal tersebut. 

"Untuk periode tanggal 4-9 April 2023 perlu diwaspadai potensi hujan sedang-lebat," tuturnya kepada Kompas.com, Senin (3/4/2023). 

Berikut daftar wilayah tersebut: 

1. Aceh 
2. Sumatra Utara 
3. Kepulauan Riau 
4. Kalimantan Timur 
5. Kalimantan Utara 
6. Bali 
7. Nusa Tenggara Barat (NTB) 
8. Nusa Tenggara Timur (NTT) 
9. Sulawesi Utara 
10. Gorontalo 
11. Sulawesi Tengah 
12. Maluku Utara 
13. Maluku 
14. Papua Barat 
15. Papua 

Baca Juga: BMKG Gempa Magnitudo 6,4 Padang Sidempuan, Terasa di Nias, Aceh Singkil & Palembang

Penyebab cuaca ekstrem 

Lebih lanjut, Agita mengatakan, daftar wilayah yang berpotensi mengalami cuaca ekstrem itu dihimpun berdasarkan analisis dinamika atmosfer terkini. 

"Analisis dinamika atmosfer terkini menunjukkan beberapa faktor yang mempengaruhi kondisi cuaca di wilayah Indonesia," ucapnya. 

Hasil analisis dinamika atmosfer itu menunjukkan bahwa gelombang Rossby Ekuatorial dan gelombang Kelvin terpantau aktif di sebagian wilayah Indonesia. 

Selain itu, terjadi gangguan fenomena Madden Julian Oscillation (MJO) secara spasial aktif di sebagian besar wilayah Indonesia. 

Sirkulasi siklonik yang berada di Samudra Hindia barat daya Banten dan selatan Jawa Tengah-Jawa Timur juga memperngaruhi sebaran wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem. 

Sirkulasi siklon juga terjadi di Laut Arafura-Papua, serta di Samudra Pasifik utara Papua.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Padang Sidempuan Sumatra Utara Tidak Berpotensi Tsunami

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru