AHY kalah, PPP akan berlabuh ke calon lain

Kamis, 16 Februari 2017 | 13:02 WIB Sumber: Kompas.com
AHY kalah, PPP akan berlabuh ke calon lain


JAKARTA. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membuka kemungkinan mendukung salah satu pasangan calon yang akan maju pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2018 . Pada Pilkada DKI Jakarta 2017 , PPP berkoalisi dengan Demokrat dan dua partai lainnya mengusung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni.

Berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga, pasangan ini menempati urutan ketiga sehingga tidak akan maju pada putaran kedua. "Tentu tidak tertutup. Meski juga bisa ambil sikap netral secara organisasi dan menyerahkan sepenuhnya kepada konstituen PPP untuk menentukan pilihan berikutnya berdasarkan prinsp akhlaqul karimah," kata Sekjen DPP PPP Arsul Sani, Kamis (16/2/2017).

Untuk menentukan langkah selanjutnya, PPP masih menunggu hasil resmi penghitungan suara yang dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Kami musyawarah dulu dengan struktur dan para pemangku kepentingan partai yang utama, seperti para alim ulama dan tokoh senior partai," ujar dia.

Ia menambahkan, dalam mendukung pasangan calon pada Pilkada, PPP tidak akan "mengekor" partai lain. "Sikap PPP akan terbentuk dari hasil musyawarah para primary stakeholder-nya. Karena PPP ibarat perusahaan adalah PT. Tbk yang tidak ada pemegang pengendalinya," kata dia.

"Jadi, Ketum dan Sekjen perlu mendengar dari sebanyak mungkin pemangku kepentingan," lanjut dia.

Sebelumnya, berdasarkan hasil hitung cepat Litbang Kompas, pasangan Agus Harimurti Yudhoyono - Sylviana Murni yang sempat berada di peringkat pertama pada survei awal justru merosot perolehan suaranya. Hasil akhir hitung cepat Litbang Kompas menunjukkan Agus-Sylvi hanya memperoleh 17,37% suara.

Sementara posisi pertama dan kedua masing-masing diduduki oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Syaiful Hidayat dengan perolehan 42,87% suara, serta Anies Baswedan-Sandiaga Uno dengan perolehan 39,76% suara.
Kompas TV Juru bicara dan ketua timses dari tiga pasangan calon kandidat gubernur dan wakil gubernur angkat bicara soal hasil suara sementara versi quick count

 

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

    Pilkada DKI 2017
    Pilkada Serentak 2017

Penulis    : Dani Prabowo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru