Akhirnya, Waduk Jatigede diairi hari ini

Senin, 31 Agustus 2015 | 10:21 WIB Sumber: Antara
Akhirnya, Waduk Jatigede diairi hari ini


BANDUNG. Pengisian awal atau initial impounding Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat akan dibuka hari ini, Senin (31/8). Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dijadwalkan meresmikan proses ini. 

Biro Humas Protokol dan Umum (HPU) Setda Pemprov Jawa Barat menyatakan orang nomor satu di Jawa Barat itu dijadwalkan tiba di Waduk Jatigede sekitar pukul 10.00 WIB.

"Pak Gubernur akan berangkat dari Gedung Pakuan pukul 06.30 dan jam 10.00 menghadiri penutupan terowongan pengelak tanda dimulainya pengisian awal (initial impounding) di Waduk Jatigede Sumedang," kata Biro HPU Setda Pemprov Jabar dalam pesan singkatnya.

Berdasarkan siaran pers Komunikasi Publik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat manfaat utama waduk Jatigede bisa mengairi persawahan hingga seluas 90.000 hektare, dan memiliki sumber air baku dengan kecepatan sebesar 3,5 kubik per detik.

Air baku itu, bisa digunakan untuk kepentingan wilayah di Sumedang, Majalengka, hingga ke Cirebon.

Selain itu, Waduk Jatigede juga bermanfaat sebagai sumber tenaga bagi PLTA dengan kapasitas hingga 110 megawatt (MW), untuk objek pariwisata dan pengendalian banjir sebesar 14 ribu hektar dikawasan daerah tersebut. (Ajat Sudrajat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru