Jabodetabek

Akses menuju Bandara Soekarno-Hatta macet, Polisi lakukan contraflow

Selasa, 10 November 2020 | 09:00 WIB Sumber: Kompas.com
Akses menuju Bandara Soekarno-Hatta macet, Polisi lakukan contraflow

ILUSTRASI. Sejumlah pengendara kendaraan melintas di ruas Tol Sedyatmo, Cengkareng, Jakarta. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/wsj.


KONTAN.CO.ID - TANGGERANG. Polisi melakukan rekayasa lalu lintas dengan contraflow dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta akibat kemacetan parah yang terjadi di pintu masuk Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Selasa (10/11/2020) pagi. 

Wakasat Lantas Polres Bandara Soekarno-Hatta AKP Tugiyo mengatakan, jalan tol P1 dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Jakarta sudah diberlakukan contraflow. "Jalan P1 jadi dua jalur untuk keluar dan masuk dari jalan tol masuk di bawah proyek jembatan simpang susun," ujar dia dalam keterangan suara, Selasa.   

Tugiyo menjelaskan, warga yang menuju Bandara Soekarno-Hatta masih bisa berjalan meskipun harus dengan kecepatan kendaraan yang terbatas. Jalur tersebut, lanjut Tugiyo, akan bermuara langsung ke arah Terminal 3. "Ada jalan meskipun itu sempit, bisa dipakai akses," kata dia. 

Sedangkan akses dari Jalan Perimeter Utara dan Selatan sudah disekat sehingga dipastikan lumpuh total. "Jadi semuanya tertumpuk di tol ini," kata Tugiyo. 

Baca Juga: Kemacetan Tol akses Bandara Soekarno-Hatta capai 7 km jelang kedatangan Rizieq Shihab

Dia mengatakan, akses bandara Soetta masih bisa bergerak, hanya saja mengikuti gerakan longmarch yang dilakukan simpatisan Rizieq Shihab. Tugiyo mengimbau agar masyarakat yang akan menuju Bandara Soetta bisa menggunakan ojek untuk akses yang lebih cepat. "Kalau kendaraan roda dua dari Rawabokor masih bisa, tembus di Amaris Hotel masuk ke proyek simpang susun masih bisa roda dua," kata dia. 

Sementara itu, pantauan Kompas.com, massa penjemput pemimpin FPI Rizieq Sihab melakukan aksi konvoi dari pintu tol bandara Prof. Soedijatmo menuju Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa pagi. 

Akibatnya kemacetan panjang terjadi di jalan Tol Bandara Prof Soedijatmo mengarah Bandara Soekarno-Hatta. Ribuan simpatisan Rizieq Shihab berkerumun di pintu keluar Tol Bandara. Sejumlah kendaraan yang digunakan massa penjemput terpakir di bahu jalan. Massa bergerak menuju area parkir dan masjid Salahuddin Al Ayyubi, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta dengan dikawal petugas kepolisian. 

Akibatnya, akses menuju kawasan Bandara terganggu. Sejumlah kendaraan dari arah ataupun menuju tol Bandara tidak dapat melintas karena terhalang massa. Sampai saat ini, massa penjemput Rizieq dengan bernuansa pakaian serba putih masih berdatangan ke kawasan Terminal 3.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Akses Menuju Bandara Soekarno-Hatta Macet Parah, Polisi Lakukan Contraflow"

Selanjutnya: Akses ke bandara lumpuh total, Garuda gratiskan reschedule dan biaya refund

 

Editor: Handoyo .


Terbaru