Anies Baswedan Lengser, Ini 6 Peninggalannya yang Dapat Dinikmati Warga Jakarta

Senin, 17 Oktober 2022 | 04:40 WIB Sumber: Kompas.com
Anies Baswedan Lengser, Ini 6 Peninggalannya yang Dapat Dinikmati Warga Jakarta


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hari Minggu (16/10/2022), merupakan hari terakhir menjabat bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi. Anies telah memimpin Jakarta selama genap lima tahun.

Selama lima tahun menjabat, Anies telah membangun sejumlah fasilitas yang kini dapat dinikmati warga Jakarta. Beberapa di antara peninggalan Anies yang kini dapat dinikmati warga Jakarta di antaranya jalur sepeda, Tebet Eco Park, sejumlah rumah susun, JakLingko Mikrotrans, dan lainnya.

Berikut paparannya:

1. Tebet Eco Park

Tebet Eco Park merupakan sebuah taman kota yang mengusung konsep konservasi lingkungan. Taman yang terletak di Tebet, Jakarta Selatan itu memiliki luas 7,3 hektare.

Tebet Eco Park dibangun melalui kerja sama antara PT Astra Land lewat anak perusahaannya yakni PT Award Global Infinity dengan Pemprov DKI. Taman itu kemudian diresmikan pada 23 April.

Keberadaan Tebet Eco Park direspons antusias oleh masyarakat yang berbondong-bondong berkunjung ke sana. Sebabnya, di Tebek Eco Park tersedia fasilitas permainan yang cukup lengkap dan ruang terbuka hijau yang nyaman.

Meledaknya antusiasme masyarakat untuk mengunjungi Tebet Eco Park membuat Pemprov DKI melakukan pembatasan jumlah kunjungan. Kini masyarakat yang hendak berkunjung ke Tebet Eco Park wajib mendaftar terlebih dahulu.

Baca Juga: Anies Baswedan Akhiri Masa Jabatan, Ini Pesan untuk ASN di Pemprov DKI Jakarta

2. Jalur sepeda

Di bawah kepemimpinan Anies, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pertama kali menginisiasi keberadaan jalur sepeda di ibu kota pada September 2019. Saat itu Pemprov DKI melakukan uji coba pemasangan traffic cone di sejumlah jalan di Jakarta sebagai pembatas jalur sepeda.

Uji coba tersebut berjalan hingga November 2019. Baru lah pada akhir 2019, Pemprov DKI mulai membangun jalur sepeda yang dicat dengan warna hijau di sejumlah ruas jalan ibu kota. Pembangunan jalur sepeda berlanjut hingga pengadaan jalur sepeda terproteksi di ruas Jalan Jenderal Sudirman - Jalan MH Thamrin pada Februari 2021.

Proyek pengerjaan jalur sepeda pun terus dikebut hingga kini. Berdasarkan data yang dihimpun pada Agustus 2022, panjang jalur sepeda di Jakarta telah mencapai 114,5 km. Adapun hingga penghujung 2022, Pemprov DKI bakal membangun jalur sepeda baru sepanjang 195,6 km.

Baca Juga: Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono Beberkan Program Utamanya

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru