Anies hentikan sementara penyaluran bantuan sosial tahap 2

Sabtu, 02 Mei 2020 | 16:13 WIB Sumber: Kompas.com
Anies hentikan sementara penyaluran bantuan sosial tahap 2

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


VIRUS CORONA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, saat ini bantuan sosial (bansos) dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahap 2 dihentikan sementara karena adanya bansos yang diberikan oleh Kementerian Sosial. Sedianya, bansos tahap dua diberikan setelah tahap pertama selesai.  Adapun bansos tahap pertama dari Pemprov DKI Jakarta diberikan selama 9 April hingga 24 April 2020. 

"Program yang dilakukan saat ini itu oleh Kemensos diberikan tiap 2 minggu. Ini sekarang sedang berjalan, itu dikelola oleh Kemensos," ucap Anies selepas acara peluncuran "Jakarta Careline" yang disiarkan akun Instagram ACTforhumanity, Sabtu (2/5/2020). 

Baca Juga: Update Corona Indonesia, Sabtu (2/5): 10.843 kasus, 1.665 sembuh, 831 meninggal

Sementara itu, bantuan yang diberikan oleh Pemprov DKI Jakarta pada tahap pertama untuk mengisi kekosongan sebelum adanya bantuan dari Kemensos. Hal ini lantaran PSBB di DKI Jakarta sudah dimulai sejak 10 April 2020, tetapi belum ada bantuan dari pemerintah pusat.  

"Yang dikelola oleh DKI, kita lakukan sebelum pempus mulai tanggal 20. Di situ PSBB sudah mulai lebih awal, ada masa kosong di situ. PSBB-nya sudah mulai, sementara bantuan dari pusat baru mulai tanggal 20. Di situlah kenapa kemudian DKI memberikan bantuan, untuk mengisi kekosongan waktu itu," kata dia. 

Baca Juga: Kini tinggal tersisa tujuh kelurahan di DKI Jakarta yang bebas dari covid-19

Adapun bansos dari Pemprov DKI diberikan kepada 1.194.633 kepala keluarga. Paket bantuan yang diberikan berisi bahan pangan pokok, yaitu beras lima kilogram satu karung, sarden dua kaleng kecil, minyak goreng 0,9 liter satu pouch, biskuit dua bungkus, masker kain dua buah, serta sabun mandi dua batang. Tidak ada pemberian berupa uang tunai.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Hentikan Sementara Penyaluran Bansos Tahap 2 karena Ada Bantuan Kemensos"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru