Anies sebut upaya Pemprov DKI kurangi polusi udara sudah baik

Selasa, 18 Juni 2019 | 15:12 WIB Sumber: Kompas.com
Anies sebut upaya Pemprov DKI kurangi polusi udara sudah baik


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meyakini upaya Pemprov DKI mengurangi polusi udara sudah baik. Ia optimistis Jakarta bisa menurunkan kadar gas emisi rumah kaca hingga 30% pada tahun 2030. 

"Sekarang masih 2019, jadi kita sudah ada 11 tahun, tetapi kita sudah menurunkan mencapai 22%, artinya kita melakukan dengan baik. Mudah-mudahan kita bisa lebih awal dari target 2030," kata Anies usai pertemuan C40 di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (18/6). 

Anies mengatakan, salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menyediakan transportasi publik yang layak. Tanpa transportasi publik, lanjut dia, masyarakat akan memilih kendaraan pribadi. Saat ini, 17 juta kendaraan bermotor dinilai sudah terlalu banyak. Anies menilai masalah itu mendesak untuk diatasi. 

"Nah yang kita kerjakan adalah membereskan transportasi publik, kualitasnya lebih baik, terintegrasi, harganya terjangkau, kemudian rutenya pun terjangkau," ujarnya.  

Anies menambahkan, Jakarta juga bekerja sama dengan C40 untuk mengatasi masalah lingkungan. Jakarta akan mempelajari pengalaman dan keberhasilan negara-negara C40 untuk menekan emisi. 

Deputy Head of Mission British Embassy Jakarta Rob Fenn menyatakan, C40 siap membantu kota Jakarta berinovasi mengatasi masalah polusi. “UK senang untuk bisa mendukung, dan kita semua di sini ada untuk saling bertukar ide dalam masalah krisis iklim ini,” ujar Rob. 

C40 (Cities Climate Leadership Group) adalah grup yang menghubungkan 90 kota terbaik di dunia untuk mulai beralih menjadi kota rendah emisi. C40 merupakan kota di dunia yang menyiapkan diri untuk menghadapi perubahan iklim. (Nibras Nada Nailufar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Sebut Upaya Pemprov DKI Kurangi Polusi Udara Sudah Baik"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru