Antisipasi Banjir, Pemkot Jakpus Siagakan 95 Pompa Stasioner dan 23 Rumah Pompa

Jumat, 07 Oktober 2022 | 17:21 WIB Sumber: Kompas.com
Antisipasi Banjir, Pemkot Jakpus Siagakan 95 Pompa Stasioner dan 23 Rumah Pompa

ILUSTRASI. Pemkot Jakpus Siagakan 95 Pompa Stasioner dan 23 Rumah Pompa untuk Antisipasi Banjir. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyiapkan 95 unit pompa stasioner dan 23 unit rumah pompa untuk mengantisipasi banjir di sejumlah titik pada musim hujan. 

"Di Suku Dinas SDA (Sumber Daya Air) Jakpus sendiri sudah disiapkan pompa, jadi kami ada pompa stasioner dengan total 95, terdapat 23 rumah pompa. Itu semua dijaga-jaga. Jadi sewaktu-waktu dioperasikan, dia langsung hidup," kata Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Pusat Mustajab saat dikonfirmasi, Jumat (7/10/2022). 

Mustajab berujar, butuh waktu untuk menyalakan alat pompa sebelum akhirnya bisa beroperasi. 

"Saya meminta bahwa sebelum hujan, semua waduk dan semua pompa atau tampungan bisa kami keringkan, kami minta dipompa dari awal sehingga saat air hujan turun itu bisa langsung tertampung," ujar Mustajab. 

Baca Juga: Hujan Deras Mengguyur Jakarta Ini Kebijakan Penanganan Banjir Semasa Gubernur Anies

Lebih lanjut, Mustajab berharap, alat pompa tersebut dapat meminimalisasi genangan atau banjir di wilayah Jakarta Pusat. Mustajab menyebutkan, 23 titik rumah pompa berada di Waduk Melati, Cideng, Istana, Thamrin Gedung Jaya, Thamrin Menara Topas, Mapalus, Pangeran Jayakarta, Bendungan Hilir, Kali Item, Sumur Batu, Pump Gate Jalan Batu, Cempaka Baru, Cempaka Putih, Dwiwarna, Industri, Jati Pinggir 1, 2, 3, Kartini V, Mangga Besar 13, Mangga Dua Abdad, Rajawali Selatan, dan Penataran. 

Sebagai informasi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberi peringatan dini terkait adanya cuaca ekstrem di Ibu Kota mulai 2-8 Oktober 2022. Peringatan ini disampaikan melalui akun resmi Instagram BPBD DKI, @bpbddkijakarta, pada Minggu (3/9/2022). 

BPBD berujar, perkiraan cuaca esktrem itu merupakan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). 

"BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang untuk periode tanggal 02-08 Oktober 2022 di wilayah DKI Jakarta," tulis BPBD DKI, dikutip Senin (3/9/2022). 

Baca Juga: Tips Klaim Asuransi Mobil Jika Terjebak Banjir

BPBD DKI pun mengimbau warga tetap waspada terhadap potensi bencana seperti banjir, genangan, tanah longsor, angin kencang, hingga pohon tumbang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemkot Jakpus Siagakan 95 Pompa Stasioner dan 23 Rumah Pompa untuk Antisipasi Banjir"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru