Arus Balik Lebaran, Hutama Karya Catat Volume Lalu Lintas Meningkat Tiga Kali Lipat

Minggu, 08 Mei 2022 | 17:08 WIB   Reporter: Ridwan Nanda Mulyana
Arus Balik Lebaran, Hutama Karya Catat Volume Lalu Lintas Meningkat Tiga Kali Lipat

ILUSTRASI. Ruas jalan tol Trans Sumatra?yang dioperasikan Hutama Karya.


JALAN TOL - JAKARTA. Dalam periode arus balik, PT Hutama Karya (Persero) mencatat 18.770 kendaraan meninggalkan Pulau Sumatra untuk kembali ke Pulau Jawa melalui Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) via Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan (BakSel) pada 7 Mei 2022 kemarin.

Angka ini melonjak 308,67% dari Volume Lalu Lintas (VLL) normal yaitu 4.593 kendaraan. Sehingga total kendaraan arus balik (3-7 Mei 2022) yang melintasi GT BakSel tercatat sebanyak 65.322 kendaraan.

Adapun sejak arus balik, Hutama Karya mencatat VLL di ruas tol yang dikelola Hutama Karya sebanyak 1.004.085 kendaraan, meningkat 60,30% dari VLL normal. Angka tersebut merupakan akumulasi dari ruas ruas di JTTS yang dikelola oleh Hutama Karya.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022, Volume Kendaraan Melalui Tol Trans Sumatera Melonjak 200%

Meliputi Ruas Bakauheni – Terbanggi Besar, Ruas Terbanggi Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung, Ruas Palembang – Indralaya, Ruas Pekanbaru – Dumai, Ruas Medan – Binjai, Ruas Binjai – Langsa Seksi 1 (Binjai – Stabat) dan Ruas Sigli – Banda Aceh Seksi 2,3 & 4. Walau angka kendaraan yang melintas sudah meningkat, Hutama Karya memprediksi masih akan terjadi peningkatan VLL puncak arus mudik pada Minggu (8/5) ini.

"Kami mengingatkan para pemudik yang akan melakukan perjalanan kembali ke Pulau Jawa agar dapat mempersiapkan perjalanan sebaik mungkin dan menghindari puncak arus balik sehingga perjalanan akan lebih aman," ujar Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji dalam rilis yang disiarkan Minggu (8/5).

Dwi menambahkan, Hutama Karya juga telah menyiapkan beberapa rest area km 20B, 33B, 49B, 87B, 116B, 172B dan 215B yang dapat digunakan para pengguna jalan untuk beristirahat sambil menunggu arahan petugas untuk dapat memasuki area pelabuhan dengan tertib.

Selain itu, bekerjasama dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero), menyediakan penjualan tiket Ferry di rest area km 87B, 48B dan 20B guna mengantisipasi terjadinya penumpukan akibat pembelian tiket kapal.

Baca Juga: Hutama Karya Berharap Kerjasama Investasi dengan INA Dorong Pembangunan Jalan Tol

“Selama di rest area, pemudik bisa mengisi ulang BBM dan juga saldo uang elektronik untuk perjalanan selanjutnya, sehingga transaksi di gerbang tol akan semakin singkat dan nyaman,” tandas Dwi.

Selain pada ruas jalan tol yang beroperasi, Hutama Karya turut memfungsionalkan dua ruas yang sudah selesai tahap konstruksinya selama arus mudik dan balik Lebaran 1443 H, dan mencatat VLL arus balik pada ruas fungsional sebanyak 52.435 kendaraan.

Rincinya, Ruas Pekanbaru-Bangkinang sebanyak 26.169 kendaraan dan Ruas Bengkulu Taba Penanjung sebanyak 26.266 kendaraan. "Hutama karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol," tutup Dwi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru