Awas kena tilang, ini informasi lengkap soal jalur sepeda di Jakarta

Rabu, 20 November 2019 | 19:21 WIB   Reporter: kompas.com
Awas kena tilang, ini informasi lengkap soal jalur sepeda di Jakarta


LALU LINTAS - JAKARTA. Mulai hari ini, 20 November 2019, penindakan atau tilang berlaku bagi para penerobos jalur sepeda di Jakarta. Penindakan ini setelah Pemprov DKI Jakarta menerapkan uji coba selama beberapa bulan terhadap beberapa jalur sepeda.

Pembangunan jalur sepeda tengah dikebut Pemprov DKI Jakarta untuk menekan polusi udara yang kian menjadi di Ibu Kota. Tidak hanya membuat jalur sepeda baru, jalur sepeda lama yang terbengkalai juga turut dihidupkan kembali.

Pada hari pertama penindakan, sudah tahukah Anda soal jalur sepeda yang ada di Jakarta? Berikut beberapa informasi seputar jalur sepeda yang perlu Anda ketahui:

Baca Juga: Dishub DKI usulkan revisi anggaran pembangunan jalur sepeda jadi Rp 62 miliar

1. Rute baru jalur sepeda

Rute baru jalur sepeda diterapkan di 17 koridor jalan. Sebelum penindakan dilakukan per hari ini, Pemprov DKI telah melakukan uji coba dalam tiga fase di seluruh koridor jalan tersebut.

Fase 1 bergulir mulai 20 September sampai 19 November. Ruas jalan yang diuji coba pada fase 1 sepanjang 25 kilometer, meliputi Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pangeran Diponegoro, Jalan Proklamasi, Jalan Pramuka, dan Jalan Pemuda.

Fase 2 berlangsung 12 Oktober hingga 19 November di Jalan Jenderal Sudirman, Jalan Sisingamangaraja, Jalan Panglima Polim, dan Jalan RS Fatmawati Raya. Total panjang ruas dalam fase ini mencapai 23 kilometer.

Baca Juga: Ingin merasakan demam GrabWheels? Begini cara sewa skuter listrik Grab

Sementara fase 3 berjalan dari 2-19 November. Rute fase ini meliputi Jalan Tomang Raya, Jalan Cideng Timur, Jalan Kebon Sirih, Jalan Matraman Raya, Jalan Jatinegara Barat, dan Jalan Jatinegara Timur.

2. Tiga marka pembatas jalur sepeda

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru