kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45755,12   29,29   4.04%
  • EMAS920.000 0,66%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Banjir di Jalan Bina Warga Rawajati masih satu meter lebih pada Sabtu sore


Sabtu, 08 Februari 2020 / 19:13 WIB
Banjir di Jalan Bina Warga Rawajati masih satu meter lebih pada Sabtu sore
ILUSTRASI. Warga bertahan di rumahnya saat banjir melanda kawasan Rawajati, Jakarta Selatan, Jumat (26/4/2019).

Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Banjir setinggi satu meter hingga 1,5 meter masih menggenangi permukiman warga di Jalan Bina Warga, Kelurahan Rawajati, Jakarta Selatan, Sabtu (8/2) petang. Pantuan Kompas.com, banjir di wilayah Bina Warga masih mencapai dada orang dewasa.

Kontur jalan yang menurun dari depan Jalan Bina Warga membuat air semakin tinggi di bagian dalam permukiman. Warga bernama Agus menceritakan, air sudah berangsur surut walau tadi pagi tinggi permukaan air mencapai tiga meter lebih. "Ini sudah lumayan surut mas, pagi tadi hitungannya sampai kusen pintu rumahlah tingginya. Sekarang sudah agak menurun baru sore ini," ucap dia. 

Baca Juga: Banjir tiga meter tenggelamkan rumah di Cawang, bayi dan lansia dievakuasi

Menurut dia, surutnya air pada sore ini juga karena wilayah setempat tidak diguyur hujan lebat. "Kalau hujan lagi enggak tahu deh, ini beruntung terang dari siang tadi," kata dia. 

Berbeda dengan Agus, Ferdiansyah, warga RT 004 RW 007 mengatakan, banjir pada awal tahun 2020 dan saat ini merupakan banjir parah di wilayahnya.  "Parah ini sama tanggal 1 Januari 2020 kemarin, tapi kalau ini tidak sampai ke lantai dua. Kalau yang lalu mencapai lantai dua," kata Ferdiansyah.

Menurut dia, turunnya hujan intensitas sedang di wilayahnya sejak semalam membuat kawasan Jalan Bina Warga terendam. "Hujan semalam, sekitar pukul 3 pagi mulai banjir dan pagi jam 6 tadi tinggi-tingginya air kurang lebih 3 meter mah ada," kata Ferdi.

Baca Juga: Penjelasan lengkap PLN perihal pemadaman listrik di sejumlah wilayah Jakarta hari ini

Tidak jauh dari permukiman yang terendam banjir, Puskesmas Rawajati dijadikan posko pengungsi bagi warga.  Dari halaman kantor kelurahan pun terlihat warga yang tidur dan beristirahat. (Bonfilio Mahendra Wahanaputra Ladjar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Sabtu Sore, Banjir di Jalan Bina Warga Rawajati Masih 1 Meter Lebih.



TERBARU

[X]
×