Biskita Trans Depok Gratis 6 Bulan, Ini Rute dan Jadwalnya

Senin, 08 Juli 2024 | 03:40 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Biskita Trans Depok Gratis 6 Bulan, Ini Rute dan Jadwalnya

ILUSTRASI. Biskita Trans Depok bakal segera diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam waktu dekat. ANTARA FOTO/Arif Firmansyah


KOTA DEPOK - JAKARTA. Biskita Trans Depok bakal segera diresmikan oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam waktu dekat.

Terkait hal tersebut, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengundang unsur pemerintahan untuk mencoba secara langsung layanan Biskita Trans Depok sebagai bagian dari sosialisasi. 

Melansir Infopublik.id, Plt. Kepala BPTJ, Tatan Rustandi, menyampaikan bahwa sosialisasi tersebut terbagi menjadi tiga segmen. 

Segmen pertama untuk kalangan pemerintah. Segmen kedua untuk kalangan masyarakat. Segmen ketiga adalah untuk pelajar dan mahasiswa.

Sosialisasi dilakukan dengan mencoba rute Balaikota - Stasiun LRT Harjamukti bersama Walikota Depok, Muhammad Idris dan jajaran perangkat daerah Kota Depok pada Sabtu (6/7/2024).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa Biskita dirancang untuk memodernisasi angkutan umum karena dilengkapi dengan sistem yang canggih seperti CCTV, GPS Tracking dan camera surveillance yang dapat memonitor secara realtime perjalanan, serta memiliki fasilitas AC.

Selain itu, layanan Biskita Trans Depok dapat diakses secara realtime melalui aplikasi Mitra Darat Kemenhub. Hal ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam merencanakan perjalanannya.

Baca Juga: Menhub Resmikan Pengoperasian BISKITA Trans Bekasi Patriot

"Untuk mempermudah pembayaran, sistem diterapkan secara cashless. Terdapat empat kartu elektronik yang dapat digunakan sebagai metode pembayarannya yaitu Tapcash (BNI), Brizzi (BRI), e-money (Mandiri) dan Flazz (BCA)," urai Tatan.

Setidaknya terdapat 45 titik pemberhentian dari Terminal Margonda menuju Stasiun LRT Harjamukti dan sebaliknya dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam 17 menit.

"Armada yang tersedia sebanyak 15 unit. Kecepatan rata-rata berkisar 21,5 km/jam, dan operasional layanan dimulai pada pukul 05.00 WIB serta berakhir pada pukul 21.00 WIB," kata Tatan.

Adapun terkait panjang lintasan yang ditempuh sepanjang 34 km. Untuk masa uji coba, tarif yang dikenakan sebesar Rp 0 alas gratis selama kurang lebih enam bulan menunggu kajian penetapan tarif dari dinas perhubungan selesai.

Tatan menjelaskan, hadirnya Biskita Trans Depok merupakan kolaborasi antara pemerintah pusat yaitu Kementerian Perhubungan dengan daerah yaitu Pemkot Depok. 

Baca Juga: Beroperasi Lebih dari 6 Bulan Lalu, LRT Jabodebek Telah Melayani 7 Juta Pengguna

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru