BMKG: Saat ini Bogor hadapi puncak musim hujan

Rabu, 04 Februari 2015 | 21:54 WIB Sumber: Antara
BMKG: Saat ini Bogor hadapi puncak musim hujan

ILUSTRASI. TAJUK - Ardian Taufik Gesuri


BOGOR. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Bogor memperkirakan saat ini wilayah Bogor dan sekitarnya sudah memasuki puncak musim hujan. "Saat ini adalah periode puncak musim hujan," kata Kepala BMKG Stasiun Klimatologi Bogor, Dedy Sucahyono, Rabu (4/2).

Ia menjelaskan, terjadi pusat pertemuan angin dari masa udara khatulistiwa dan Samudra Hindia yang mengenai pulau Jawa sehingga membentuk pusat konvergensi yang menjadi puncak musim hujan.

Ketinggian konvergensi di atas Pulau Jawa menyelimuti wilayah Jawa Barat termasuk Bogor dan sekitarnya membentuk awan-awan hujan sebagai penanda musim hujan sudah terjadi.

Dikatakannya selama puncak musim hujan ini, curah hujan yang melanda wilayah Bogor dan sekitarnya berpotensi dengan intensitas ringan, sedang hingga lebat.

Hujan ringan dengan mulai dari 5 hingga 25 milimeter, hujan sedang 25 hingga 50 milimeter dan hujan lebat dari 50 hingga 100 milimeter.

"Tetapi hujan lebat yang turun tahun ini tidak se-ekstrem tahun lalu. Curah hujan berkisar antara sedang hingga lebat," katanya.

Menurutnya, dalam seminggu ada tiga hingga empat hari hujan dengan intensitas berkisah antara sedang hingga lebat.

Ia mengatakan masyarakat dapat mewaspadai saat hujan lebat turun yang dapat ditandai dengan bila pagi terdapat cuaca cerah lalu siang atau sore harinya langit ditutup awan konvektif maka hujan yang turun cukup lebat, tetapi durasinya tidak lama.

"Tetapi jika langit ditutup awan penuh, maka hujan turun dengan intensitas rendah tetapi durasinya lama bisa dari pagi hingga malam," katanya.

Dedy mengatakan secara garis besar kondisi cuaca di wilayah Bogor relatif kondusif, karena intensitas hujan lebat yang turun tidak setinggi tahun 2014 lalu. Hujan turun tergantung pada angin, suhu dan juga tekanan udara.

Untuk kelembaban udara di wilayah Bogor rata-rata berkisar 80 hingga 90%, sedangkan suhu harian antara 24 hingga 30 derajat celsius sedangkan suhu bulanan rata-rata 27 hingga 28 derajat celsius.

"Kecepatan angin juga normal yakni antara 5 sampai 7 knot," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan

Terbaru