Bupati Gianyar minta bantuan atasi pekerja anak

Selasa, 21 April 2015 | 19:39 WIB   Reporter: Handoyo

JAKARTA. Bupati Gianyar, Provinsi Bali A.A Gde Agung Bharata meminta dukungan kepada Menteri Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri untuk menarik para pekerja anak yang berada di Kabupaten Gianyar. Ditargetkan pada tahun 2018 Kab Gianyar, Bali dapat meraih predikat bebas pekerja anak.

“Kedatangan kami kemari untuk memohon dukungan dan kerjasama Menaker untuk mempercepat proses penarikan para pekerja anak yang berada di Gianyar," kata Gde Agung Bharata, Selasa (21/4).

Bupati Gde Agung mengatakan, selama ini Kabupaten berkomitmen untuk menarik para pekerja anak yang bekerja di kawasan-kawasan industri. Proses ini diharapkan dapat dipercepat dengan bantuan khusus dari pemerintah pusat. "Kita ajak masyarakat dan para pengusaha untuk tidak lagi mempekerjakan para pekerja anak," kata Gde Agung .

Berdasarkan data, saat ini tercatat 360 pekerja anak yang berasal dari keluarga tidak mampu yang putus sekolah dan membantu orangtuanya bekerja. Selain itu terdapat pula 241 anak terlantar dan 6 anak jalanan di Kabupaten Gianyar.

“Jadi total total yanag anak-anak yang butuh bantuan pemerintah berjumlah 607 orang anak. Data ini kemungkinan akan terus bertambah seiring peningkatan jumlah anak yang tidak/putus sekolah dan tepaksa bekerja membantu ekonomi keluarga," kata Gde Agung.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru