kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45700,06   2,33   0.33%
  • EMAS938.000 -0,85%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Buruh demo di Gedung DPR, usung hastag #2019BuruhBersatu


Selasa, 01 Mei 2018 / 11:08 WIB
Buruh demo di Gedung DPR, usung hastag #2019BuruhBersatu
ILUSTRASI. DEMO BURUH

Sumber: Kompas.id | Editor: Dupla Kartini

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Buruh dari Federasi Serikat Pekerja Logam, Elektronik, dan Mesin Serikat Pekerja Seluruh Indonesia mulai berdatangan ke depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)/Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Selasa (1/5).

Puluhan demonstran menggunakan kaus seragam bertemakan May Day atau Hari Buruh internasional. Sebuah mobil bak terbuka dimodifikasi sedemikian rupa sebagai tempat orator meneriakkan orasi.


Sebuah banner besar dipasang di pagar Gedung DPR RI. Dalam banner tersebut, para buruh menyuarakan aspirasi yang isinya menolak adanya buruh kasar asing (TKA), menuntut revisi UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, dan menuntut revisi PP Nomor 78 Tahun 2003 tentang Pengupahan.

Di bagian bawah banner tertulis hastag #2019BuruhBersatu, Presiden Baru Pro Buruh.

"Kami datang dari Bekasi. Kami berkumpul sekitar pukul 07.00 WIB dengan arak-arakan sepada motor," ujar koordinator aksi, Samsul Huda, saat ditemui di depan Gedung DPR RI, Selasa.

Samsul mengatakan, aksi ini juga akan diikuti ribuan peserta dari Jakarta, Bogor, dan Tangerang. "Nanti akan ada ribuan peserta yang ikut aksi. Ada anggota kami juga dari Karawang, tapi mereka gelar aksi di Gedung Sate, Bandung," tuturnya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, sesuai rencana, kegiatan penyampaian pendapat para buruh akan digelar mulai pukul 10.00 hingga 18.00 WIB.

Selain di Gedung DPR, penyampaian pendapat akan digelar di depan Istana Negara, Istora Senayan, di Balai Kota DKI, dan di depan Gedung Kemtan.

Argo menyampaikan, berdasarkan dari data yang ia terima dari intelijen, 25.000 hingga 30.000 buruh akan datang ke Jakarta. "Untuk mengamankan kegiatan ini kami terjunkan sebanyak 20.000 personel Polri," ujar Argo, Senin (30/4).

Tak hanya menyiapkan personel keamanan, dalam kegiatan ini polisi menyiapkan sejumlah kantong parkir, di antaranya di Lapangan Gelora Bung Karno, Lapangan Banteng, Masjid Istiqlal, Lapangan IRTI, dan Lapangan Parkir Pekan Raya Jakarta (PRJ). (Sherly Puspita)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Dengan Hastag #2019BuruhBersatu, Buruh Bekasi Demo di Depan Gedung DPR


Tag


TERBARU

Close [X]
×