Di Batam, 20.000 buruh akan berdemo di Kantor Pemkot

Selasa, 01 Mei 2018 | 11:00 WIB Sumber: Kompas.com
Di Batam, 20.000 buruh akan berdemo di Kantor Pemkot

ILUSTRASI. DEMO BURUH TOLAK KEBIJAKAN UPAH MURAH


MAY DAY - BATAM. Sebanyak 20.000 buruh di Batam akan turun ke jalan untuk menggelar aksi unjuk rasa di Kantor Pemkot Batam dalam rangka memperingati Hari Buruh Sedunia atau May Day 2018 pada Selasa (1/5).

Koordinator Garda Metal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Suprapto mengatakan, ada sejumlah tuntunan yang akan disampaikan, di antaranya menolak PP Nomor 78 Tahun 2015 mengenai pengupahan, harga sembako diturunkan, dan penurunan harga BBM serta tarif dasar listrik.

Selain itu, mereka akan menyampaikan penolakan terhadap Perpres Nomor 20 Tahun 2018 mengenai tenaga kerja asing yang dinilai menyakiti pekerja lokal. Mereka juga menuntut surat keputusan soal upah minimum sektoral kabupaten/kota (UMSK) Batam 2018 segera dikeluarkan.

"4 poin penting itu saja yang akan kami suarakan pada peringatan Hari Buruh Sedunia, hari ini, di mana tiga tuntutan yang disarankan langsung dari serikat buruh pusat dan satu tuntutan dari pengurus serikat buruh Batam, Kepri," kata Suprapto, Selasa (1/5).

Mengenai UMSK Batam, Suprapto mengatakan bahwa surat rekomendasi sudah masuk ke Wali Kota Batam. Surat tersebut kemudian akan disampaikan ke gubernur Kepulauan Riau. "Harapan kami minggu depan surat usulan tersebut sudah sampai dan diterima gubernur dan ada kepastian akan ada di keluarkan rekomendasi SK terkait UMS kota tersebut," ujar Suprapto.

Ia khawatir, jika SK UMSK tak kunjung keluar, akan menjadi permasalahan saat para buruh mendapatkan tunjangan hari raya (THR ). "Kalau masih mengacu ke upah minimum saja tentunya banyak pekerja yang dirugikan karena mayoritas pekerja di Batam tergabung di sektoral," lanjutnya.

 Oleh karena itu, kata Suprapto, melalui aksi ini pihaknya akan mengawal dan berharap UMS Kota Batam bisa secepatnya dikeluarkan keputusannya oleh Gubernur Kepri. "Untuk titik kumpul, kami lakukan di empat lokasi di antaranya Batam Centre, Batu Ampar, Kabil, Tanjung Uncang, dan Muka Kuning yang kemudian semuanya akan berkumpul atau terpusat di depan Kantor Pemkot Batam," ujarnya. (Hadi Maulana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Aksi May Day Buruh Batam Dipusatkan di Kantor Pemkot

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru