Car free day di Kota Bekasi digelar 5 Juli, jumlah PKL bakal dibatasi

Jumat, 26 Juni 2020 | 15:53 WIB Sumber: Kompas.com
Car free day di Kota Bekasi digelar 5 Juli, jumlah PKL bakal dibatasi

ILUSTRASI. Suasana car free day di Bekasi


VIRUS CORONA - BEKASI. Pemerintah Kota Bekasi berencana menggelar Car Free Day (CFD) di Jalan Ahmad Yani, Bekasi, Minggu (5/7). Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di area CFD akan dibatasi. 

“Kalau membatasi skematisnya 50%, makanya bisa kita atur terkait dengan pedagang yang memang beroperasi di wilayah CFD,” ujar Tri di Bekasi, Jumat (26/6). 

Baca Juga: Hore, PSBB di Jawa Barat dinyatakan selesai

Surat Instruksi Wali Kota Bekasi nomor 6601/762/Dinas LH tertanggal 22 Juni 2020 tentang Pelaksanaan Hari Bebas Kendaraan Bermotor Tatanan Baru menyebut penataan PKL di area CFD dilakukan oleh Satpol PP. 

Tri mengatakan, PKL yang berjualan di kawasan CFD akan diatur jaraknya agar tak menimbulkan kerumunan di area CFD. “Kita akan atur penempatan dan jaraknya nanti,” ucap dia. 

Sebelumnya, Kasatpol PP Kota Bekasi Abi Hurairah mengatakan, pihaknya akan berjaga di lima titik Kota Bekasi untuk mengawasi warga yang hendak datang ke CFD. Pihaknya akan memantau penerapan protokol pencegahan Covid-19. 

Lima titik tersebut, yakni Jalan KH Noer Ali (tepatnya Hotel Aston), Kayu Ringin (tepatnya Radio El Gangga), Summarecon, Juanda, dan Kranji.  “Kami akan kerahkan 200 orang. Itu akan kita tempatkan personel sebanyak lima sampai enam orang per titiknya,” ujar Abi. 

Baca Juga: Ini langkah yang dilakukan Perbarindo di tengah pandemi Covid-19

Abi menambahkan, petugas juga akan mengawasi pergerakan keluar masuk warga di area CFD. Pihaknya akan membatasi jumlah warga yang berada di area CFD. Warga akan diminta menjaga jarak. 

“Paling utama masker, mereka wajib memakai masker, membawa hand sanitizer dan jaga jarak. Tentunya kalau ada yang bergerombol kita nanti akan pecah begitu, tidak boleh ada. Walaupun teman-teman juga tidak boleh. Bergerombol pasti adalah, namanya juga CFD. Tetapi kita akan berupaya agar bisa meminimalisir gerombolan ini,” ujarnya. 

“Belum, besok mau dipastikan lagi terkait dengan jumlahnya (pembatasan orang ke area CFD). Karena kita berkewajiban menghitung yang masuk ada berapa. Kita akan stand by, kan anggota dari jam 05.00 nanti,” tambah dia. (Cynthia Lova)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Car Free Day Kota Bekasi Digelar 5 Juli, PKL Dibatasi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru