Umum

Cara daftar BLT UMKM 2021 bagi warga Yogyakarta, ingat kuota terbatas

Kamis, 22 April 2021 | 10:25 WIB Sumber: Kompas.com
Cara daftar BLT UMKM 2021 bagi warga Yogyakarta, ingat kuota terbatas

ILUSTRASI. Cara daftar BLT UMKM 2021 bagi warga Yogyakarta, ingat kuota terbatas

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pemerintah kembali menyalurkan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tahun 2021 ini. Untuk warga Yogyakarta, berikut syarat, cara dan link pendaftaran BLT UMKM 2021.

BLT UMKM juga disebut Banpres Produktif atau Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM). Tahun ini nilai BLT UMKM yang diterima adalah Rp 1,2 juta, atau setengah dari jumlah tahun lalu.

Kuota BLT UMKM 2021 adalah 12,8 juta orang. Adapun anggaran BLT UMKM yang dipersiapkan untuk 2021 sebesar Rp 15,36 triliun.

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) juga membuka pendaftaran pengajuan Bantuan Produktif Usaha untuk Usaha Mikro (BPUM) atau BLT UMKM 2021.

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Yogyakarta Tri Karyadi Riyanto mengatakan, ada sedikit perubahan syarat-syarat dan pelaksanaan BLT UMKM 2021 dibanding tahun lalu. "Pada tahun 2021 pendaftaran BPUM hanya melalui dinas yang mengampu UMKM, di Yogyakarta yakni Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM,” ujarnya sebagaiamana rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (18/4/2021).

Berikut ini syarat penerima BPUM atau BLT UMKM untuk wilayah Yogyakarta:

  • Warga Kota Yogyakarta, dibuktikan dengan KTP Kota Yogyakarta.
  • Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan izin usaha mikro
  • Tidak sedang mengakses pinjaman Kredit Usaha Rakyat
  • Bukan ASN/TNI/Polri Bukan pegawai BUMD/BUMN

Baca juga: Sudah dibuka! Ini link pendaftaran BLT UMKM per kecamatan di Jakarta

Tri mengungkapkan untuk setiap satu kartu keluarga (KK) hanya bisa mengajukan satu pemohon saja. Selain itu, pendaftar yang bisa mendaftar hanya yang belum mendaftar BPUM tahun lalu. “Bagi pelaku UMKM yang sudah mendaftar BPUM pada 2020, tidak perlu mendaftar lagi program BPUM tahun 2021. Itu karena datanya sudah masuk data base kementerian," tuturnya.

Tri menjelaskan, pendaftaran BPUM atau BLT UMKM 2021 dilakukan melalui aplikasi Jogja Smart Service (JSS) mulai 20 April sampai 10 Mei 2021. Tapi pendaftaran akan ditutup lebih awal jika kuota nasional BPUM sebanyak 6 juta telah mencukupi.

"Untuk saat ini link sudah ada, tapi form untuk permohonan bantuan baru diproses. Sedangkan apa saja materi di form sedang disiapkan SKPD terkait," katanya lagi.

"Diharapkan pada tanggal 20 April semua sudah siap dan masyarakat bisa mendaftar lewat aplikasi JSS," imbuhnya.

Editor: Adi Wikanto
Terbaru