Jabodetabek

Catat! Pendaftaran PPDB Jakarta jalur prestasi ditutup hari ini pukul 14.00

Jumat, 11 Juni 2021 | 09:08 WIB Sumber: Kompas.com
Catat! Pendaftaran PPDB Jakarta jalur prestasi ditutup hari ini pukul 14.00

ILUSTRASI. Hari ini, Jumat (11/6/2021), merupakan hari terakhir pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Jakarta 2021 untuk jalur prestasi akademik dan non-akademik. ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ini informasi penting bagi orang tua yang ingin mendaftarkan anaknya sekolah melalui jalur prestasi di Jakarta. Hari ini, Jumat (11/6/2021), merupakan hari terakhir pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) Jakarta 2021 untuk jalur prestasi akademik dan non-akademik. 

Waktu pendaftaran jalur prestasi akan ditutup pukul 14.00 WIB. Sementara itu, pengajuan akun PPDB masih dibuka sampai dengan batas akhir pendaftaran jalur zonasi dan jalur perpindahan orangtua pada 2 Juli 2021. 

"Hari ini tutup untuk jalur prestasi, kalau pengajuan akun (PPDB) ditutup sesuai dengan penutupan jalur yang dipilih," kata operator layanan telepon posko PPDB Jakarta Suci saat dihubungi, Jumat.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, jumlah pendaftar PPDB DKI Jakarta sudah melampaui daya tampung sekolah. Per Rabu (9/6/2021), sudah ada 238.554 pendaftar untuk semua jenjang pendidikan, melebihi kapasitas yang hanya berjumlah 212.212 kursi.

Baca Juga: 6 Jalur PPDB 2021 jenjang SMP di Surabaya, berikut syarat dan jadwalnya

"Jadi sudah melebih kapasitas," kata Riza. Pendaftar yang melebihi daya tampung juga dibenarkan oleh Kasubag Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja Gah. 

Dia mengatakan, kelebihan daya tampung berpotensi terjadi di semua jalur pendaftaran, baik jalur prestasi, jalur zonasi, hingga jalur perpindahan tugas orangtua. 

"Iya sudah pasti (melebihi daya tampung), jadi semua jalur yang ada di PPDB itu (berpotensi) selalu melebihi kapasitas daya tampung," ucap Taga. 

Baca Juga: Simak informasi jalur PPDB Jateng 2021 untuk SMA dan SMK, buka 21 Juni 2021

Itulah sebabnya terdapat beragam seleksi untuk menentukan siapa yang berhak menduduki kursi sekolah negeri yang jumlahnya terbatas di DKI Jakarta. 

Sebagai informasi, daya tampung sekolah negeri dari jenjang SMP, SMA, dan SMK di bawah 50 persen dari jumlah lulusan tahun ini. Daya tampung untuk SMP negeri dibandingkan dengan lulusan Sekolah Dasar (SD) di Jakarta 2021 hanya 47,33 persen. 

Sementara itu, untuk daya tampung SMA dan SMK negeri dibandingkan lulusan SMP tahun 2021 hanya 33,66 persen.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendaftaran PPDB Jakarta Jalur Prestasi Ditutup Hari Ini Pukul 14.00"
Penulis : Singgih Wiryono
Editor : Nursita Sari

 

Selanjutnya: Masih ada waktu, PPDB Jakarta diperpanjang hingga 11 Juni

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru