Cuti bersama, ini tarif lengkap Jakarta ke Surabaya via Tol Trans Jawa

Senin, 26 Oktober 2020 | 06:51 WIB Sumber: Kompas.com
Cuti bersama, ini tarif lengkap Jakarta ke Surabaya via Tol Trans Jawa

ILUSTRASI. Saat cuti bersama, sejumlah masyarakat diprediksi akan memilih untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan kendaraan pribadi. ANTARA FOTO/Zabur Karuru/foc.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat cuti bersama yang akan berlangsung 27 Oktoner hingga 1 November 2020, sejumlah masyarakat diprediksi memilih untuk melakukan perjalanan jarak jauh dengan kendaraan pribadi. Hal ini tentu harus dipersiapkan dengan matang. Mulai dari kondisi kendaraan terkait, kesehatan diri, sampai kisaran biaya pengeluaran selama di jalan khususnya untuk bayar tol. 

Sebab, meski akses ke berbagai wilayah telah terhubung tarif yang dikenakan cukup tinggi. Perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya via tol Trans Jawa, misalnya, Anda harus menyiapkan saldo uang elektronik atau e-toll sebesar 713.000 sekali perjalanan. 

Jumlah tersebut didapat berdasarkan perhitungan manual Kompas.com melihat tarif normal tol terbaru yang dirilis oleh badan pengatur jalan tol ( BPJT) di laman resminya per 25 Oktober 2020. 

Pertama, pengemudi patut penyiapkan saldo sebesar Rp 15.000 untuk ruas tol Jakarta - Cikampek yang terbentang sepanjang 73 kilometer (Km). Selanjutnya, ambil ruas Cikopo - Palimanan yang tarifnya sebesar Rp 107.500. Kemudian, Anda akan memasuki tol Palimanan - Kanci sepanjang 26 kilometer dengan total tarif Rp 12.000 dan menyambung ke ruas Kanci - Pejagan berbiaya Rp 29.000. 

Baca Juga: Libur panjang, Polda Metro Jaya siapkan 15 pos pengamanan lalu lintas

Pada ruas ini pula biasanya kepadan lalu lintas cukup panjang terjadi. Selepas itu, tancap gas di ruas tol Pejagan - Pemalang yang dikenai tarif tol sebesar Rp 57.500, dilanjutkan dengan tol Pemalang - Batang dengan membayar Rp 35.000. 

Ketika pengemudi sudah merasa lelah, pada titik ini Anda bisa mengambil istirahat sejenak. Lalu, lanjutkan masuk ke ruas tol Batang - Semarang, Semarang ABC, dan Semarang - Solo dengan total biaya Rp 145.000. Memasuki ruas Solo - Ngawi yang panjangnya 90,43 Km, perjalanan bakal terasa membosankan karena tak banyak pemandangan tersaji. 

Baca Juga: Libur panjang akhir Oktober, enam kawasan wisata di Jateng dijaga ketat

Pengemudi patut menjaga kecepatan laju kendaraannya, apalagi jika malam hari. Pada ruas tersebut, Anda harus membayar sebesar Rp 87.000, dilanjutkan ke ruas Ngawi - Kertosono dengan biaya Rp 88.000. Terus saja hingga masuk Mojokerto dan Surabaya (Rp 46.000 + Rp 36.000). Setelah itu, Anda bisa keluar ke ruas jalur Wonokromo atau Wonocolo. 

Jika perjalanan masih cukup jauh, kembali masuk tol Gempol yang besaran tarifnya hingga Rp 55.000 sampai keluar Pasuruan.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru