Demokrat usulkan Anies Baswedan sebagai cagub DKI

Jumat, 16 September 2016 | 22:04 WIB Sumber: TribunNews.com
Demokrat usulkan Anies Baswedan sebagai cagub DKI


JAKARTA. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN) mulai membahas calon gubernur yang akan diusung dalam Pilkada DKI Jakarta 2017. Muncul tiga nama yakni Anies Baswedan, Yusril Ihza Mahendra dan Rizal Ramli.

Tiga partai politik pecahan koalisi kekeluargaan itu akan mendeklarasikan calon gubernur berbarengan. Ketiga partai pastikan akan berkoalisi dalam pesta demokrasi ibu kota.

Wakil Ketua DPD PKB DKI Jakarta Abdul Azis mengatakan, Demokrat, PKB, dan PAN sudah sepakat untuk membentuk poros alternatif pasca-PKS memunculkan Mardani Ali Sera sebagai calon wakil gubernur (cawagub) mendampingi calon gubernur (cagub) Partai Gerindra, Sandiaga Uno.

Azis menuturkan, pasangan poros alternatif belum diputuskan mengingat Demokrat memunculkan nama Anies Bawesdan sebagai cagub untuk dipasangkan dengan cawagub Saefullah yang kini masih menjabat sebagai Sekretaris Daerah DKI Jakarta.

"Jadi perkembangan terakhir masih dimusyawarahkan lantaran Demokrat mendorong nama Anies. Nanti dikabarkan kembali," ujar Abdul Azis, Jumat (16/9).

Ketua DPD Demokrat Nachrowi Ramli mengakui, saat ini, Demokrat masih menggodok nama cagub yang akan diusung dalam Pilkada DKI 2017. Sebab, tim Anies Bawesdan telah menghubunginya untuk masuk dalam penjaringan.

Menurutnya, peluang Anies sama seperti Yusril dan Rizal Ramil yang tengah masuk ke dalam penjaringan Demokrat. Pria yang akrab disapa Nachrowi itu memastikan keputusan cagub yang akan diusung akan diumumkan pada Senin (19/9).

Terpenting, cagub tersebut disepakati poros alternatif. "Semuanya masih sama peluangnya. Yusril kan memang masuk penjaringan kami. Nah, tiba-tiba timnya Anis menghubungi kami. Jadi, Senin kami baru putuskan," ucapnya. (Dennis Destryawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru