kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Denpasar masuk daftar 10 kota tersehat di dunia versi Travel Supermarket


Sabtu, 12 Januari 2019 / 16:34 WIB

Denpasar masuk daftar 10 kota tersehat di dunia versi Travel Supermarket

KONTAN.CO.ID - BALI. Kota Denpasar, Bali masuk dalam daftar 10 kota tersehat di dunia versi Travel Supermarket. Secara berurutan kota tersehat di dunia dari posisi 1 hingga 10, yaitu Paris (Perancis), Chiang Mai (Thailand), Barcelona (Spanyol), Pattaya (Thailand), Vancouver (Kanada), Miami (AS), San Francisco, Lisbon (Portugal), Denpasar (Indonesia), dan Buenos Aires (Argentina). 

"Denpasar ada di urutan 9 dan satu-satunya Kota di Indonesia yang masuk dalam daftar 10 kota tersebar di dunia," kata Kabag Humas Pemerintah Kota Denpasar Dewa Gede Rai pada Sabtu (12/1). 


Sebanyak 10 kota tersehat itu diumumkan melalui situs resmi Travel Supermarket. Menurut Dewa, dalam menyusun daftar rangking ini, Travel Supermarket memanfaatkan beragam sumber data, seperti kelompok peneliti pasar Euromonitor International, TripAdvisor, Yelp, hingga World Weather and Climate. 

Travel Supermarket juga memiliki beberapa aspek penilaian sebagai tolak ukur kesehatan dalam sebuah kota. Beberapa aspek yang menjadi penilaian adalah jumlah taman atau ruang terbuka hijau, gym, dan pusat kebugaran. 

Selain itu, Travel Supermarket menilai, jumlah spa, studio yoga, dan studio pilates yang terdapat pada kota tersebut. Makanan juga menjadi aspek penilaian penting dalam menyusun daftar 10 kota tersehat di dunia ini. 

Terkait makanan, Travel Supermarket menilai berapa banyak toko makanan sehat dan restoran dengan opsi vegan di tiap kota. Travel Supermarket lalu membandingkan data tersebut dengan luas kota untuk mengetahui angka densitas per kilometer persegi. 

Tim analis juga memperhitungkan jumlah paparan matahari per tahun dan rerata harga untuk menginap di hotel. Setelah melakukan beragam analisis data, Travel Supermarket membuat daftar 50 kota tersehat di dunia. 

Dari seluruh kota yang ada, Paris berhasil menduduki peringkat teratas. "Denpasar memiliki sejumlah ruang terbuka yang bisa dimanfaatkan warga untuk beraktifitas. Baik untuk yoga, olah raga dan rekreasi keluarga," kata Dewa Rai. 

Kota Denpasar juga telah melakukan penataan sungai, taman, serta menerbitkan peraturan wali kota (perwakila) untuk membatasi penggunaan kantong plastik di supermarket dan pusat perbelanjaan. 

"Penghargaan ini tentu bukan semata-mata karena kerja pemerintah, tapi yang paling penting adalah partisipasi publik dalam mewujudkan Denpasar sebagai Kota sehat," kata Dewa Rai. (Robinson Gamar)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Denpasar Masuk 10 Kota Tersehat di Dunia"


Reporter: kompas.com
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×