Deretan Makanan Khas Blora Jateng yang Terkenal Kelezatannya

Rabu, 10 Agustus 2022 | 13:11 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Deretan Makanan Khas Blora Jateng yang Terkenal Kelezatannya

ILUSTRASI. Sate Blora, makanan khas Blora.


KONTAN.CO.ID - Blora adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Ada banyak makanan khas Blora yang bisa Anda cicipi saat mengunjungi daerah yang terkenal sebagai penghasil kayu jati ini. 

Secara geografis, banyak kawasan di Blora ditutupi hutan atau alas jati dan masih masuk dalam kawasan rangkaian Pegunungan Kendeng. Lokasinya berjarak sekitar 120 kilometer dari Semarang. 

Daerah ini juga merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah di ujung paling Timur. Kondisi wilayah ini pula yang ikut memengaruhi kuliner Blora. Beberapa makanan khas Blora dipengaruhi oleh cita rasa Jawa Timuran.

Lantas, apa saja makanan khas Blora? 

Baca Juga: 5 Makanan Khas Batang Jawa Tengah yang Terkenal Enak

Makanan khas Blora 

Nah, berikut ini sederet makanan khas Blora dikutip dari laman resmi Pemkab Blora dan buku Makanan Khas Jawa Tengah (2022), Prasita Puspita Sari, Penerbit Guepedia:

1. Sate jagal

Sate jagal adalah salah satu makanan khas Blora Jawa Tengah yang cukup terkenal. Sate ini sebenarnya merupakan sate yang dibuat dari daging sapi. 

Namun yang membedakannya dengan sate dari daerah lain, kuliner Blora ini yakni cara penyajiannya. Sate ini biasa dijual di angkringan yang dibawa dengan cara dipikul bersama dengan perkakas masaknya.

Bumbu sate ini menggunakan bumbu kacang kuning kecoklatan dengan santan sebagai pengencernya. Ini membuat rasanya guris, manus dan pedas. 

Makanan khas Blora ini juga disajikan dengan cara unik, yakni ditambahkan nasi yang sudah disiram dengan kuah soto yang dilengkapi dengan mihun, seledri, dan bawang goreng.

Baca Juga: Arti Mukbang: Bukan Makan dengan Porsi Besar

2. Soto kletuk

Makanan khas Blora kedua yang cukup populer adalah soto kletuk. Makanan berkuah ini tak jauh berbeda dengan soto pada umumnya yang berisi sayuran dan suwiran ayam lalu disiram dengan kuah santan.

Yang khas, kuliner Blora ini akan ditaburi dengan kletuk, sejenis bulir singkong yang dipotong kecil-kecil. Campuran ini membuat tekstur soto terasa renyah dan berbunyi saat dikunyah. 

Saat bulir singkong ini masuk mulut, ada sensasi seperti memakan kerikil yang disebut kletuk-kletuk, sehingga kemudian disebut soto kletuk.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan, Sudah Tahu?

3. Sego kobong

Sego kobong dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai nasi bakar. Yang membedakan dengan nasa bakar dari daerah lain, makanan khas Blora ini disajikan dengan menambahkan aneka cumi, udang, ayam, dan teri.

Sego kobong juga disajikan mirip seperti lontong yang dibungkus daun pisang. Jika diperhatikan, nasi kobong Blora ini mirip dengan nasi liwet pada umumnya. 

Itulah tiga makanan khas Blora Jawa Tengah yang dikenal lezat. Jika mampir ke daerah perbatasan Jateng-Jatim ini, tak ada salahnya mencicipi salah satu kuliner Blora ini. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru