CLOSE [X]

5 Makanan Khas Batang Jawa Tengah yang Terkenal Enak

Rabu, 03 Agustus 2022 | 15:26 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
5 Makanan Khas Batang Jawa Tengah yang Terkenal Enak

ILUSTRASI. Lontong lemprak adalah makanan khas Batang.


KONTAN.CO.ID - Batang adalah salah satu kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Selain pesona wisata khas pegunungan dan pantai utaranya, ada makanan khas Batang alias kuliner Batang yang harus dicoba.  

Daerah ini sangat terkenal dengan kawasan hutan bernama Alas Roban. Meski begitu, Batang sangat mudah diakses dan ramai dilintasi karena merupakan bagian dari perlintasan Jalur Pantura maupun Tol Trans Jawa. 

Saat musik mudik, banyak orang akan melewati daerah ini. Begitu mampir di sana, tak ada salahnya mencicipi salah satu makanan khas Batang. 

Ada beberapa makanan khas Batang yang hanya bisa ditemui di daerah tersebut. Sekalipun ada juga kuliner Batang yang mirip dengan makanan dari daerah lain, namun cita rasa dan juga bumbu rempahnya memiliki perbedaan. 

Baca Juga: Arti Mukbang: Bukan Makan dengan Porsi Besar

Makanan khas Batang

Nah, berikut ini beberapa makanan khas Batang Jawa Tengah sebagaimana dikutip dari Makanan Khas Jawa Tengah (2022), Prasita Puspita Sari, Penerbit Guepedia:

1. Lontong lemprak

Makanan khas Batang yang sangat populer adalah lontong lemprak. Lontong lemprak adalah makanan yang sudah ada sejak dulu, terdiri dari lontong dengan kuah opor ayam yang dibumbui rempah.

Lontong lemprak memiliki ciri khas menggunakan ayam kampung sehingga rasanya terasa gurih dan ayamnya kenyal. Belum lagi, cita rasa kaldunya yang sangat menggugah selera.

Ciri khas makanan khas Batang ini adalah kuah kuning dari santan dan aroma pedas. Nama lemprak sendiri berasal dari Bahasa Jawa ngelemprak, yang artinya duduk lesehan tanpa kursi, mengingat lontong ini biasa disajikan dengan cara duduk lesehan.

Lontong lemprak banyak dijumpai di alun-alun Batang. 

Baca Juga: Makanan Khas Banjarnegara, Kuliner Tradisional yang Wajib Dicoba

2. Sotong ireng

Selain lontong lemprak, makanan khas Batang Jawa Tengah berkuah lainnya yang terkenal adalah sotong ireng. Sesuai namanya, makanan ini berbahan utang sotong, sejenis cumi namun ukurannya lebih besar. 

Sotong sendiri memiliki tubuh pipih dan bisa mengeluarkan warna hitam. Itu sebabnya, kuliner Batang ini berwarna kehitaman. 

Sotong ireng dimasak dengan bumbu rempah lalu disiram dengan santan yang membuatnya terasa gurih. Sebelumnya, sotong dimasak dengan cara dioseng atau tumis sebelum dimasukan kuah. 

Baca Juga: Jangan Disepelekan! Ini Gejala Penyakit Cacing Kremi pada Anak

3. Soto kebo

Makanan khas Batang ketiga yakni soto kebo. Kebo sendiri berarti kerbau. Nah, di Batang ini, daging kerbau sudah umum dijadikan bahan baku soto. 

Soto kerbau jadi salah satu makanan khas Batang yang cukup unik. Penyajiannya dilakukan dalam porsi besar dan bumbunya menggunakan kuah tauco yang dicampur rempah. 

Itulah 3 jenis makanan khas Batang Jawa Tengah yang sangat populer. Apabila melewati daerah Pantura ini, tak ada salahnya untuk mencoba. Kuliner Batang ini juga relatif terjangkau, jadi menguras kocek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru