Dituding penyebab banjir, ini respons MRT Jakarta

Kamis, 14 Desember 2017 | 06:50 WIB   Reporter: Dupla Kartini
Dituding penyebab banjir, ini respons MRT Jakarta


BANJIR JAKARTA - JAKARTA. Sekretaris PT MRT Jakarta Tubagus Hikmatullah menegaskan bahwa pengerjaan infrastruktur mass rapid transit (MRT) di Jakarta sudah sesuai dengan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal), termasuk pada sisi drainasenya.

"Jadi begini, bahwa intinya kami memastikan apa yang kami lakukan itu sudah sesuai dengan amdal-nya dari awal dan kami juga memastikan bahwa drainase-drainase kita itu selalu kita rawat," kata Hikmat, Rabu (13/12).

Selain merawat drainase, PT MRT Jakarta juga terus mengurus dengan baik perihal pembuangan material yang digunakan agar tidak menyumbat drainase mereka ataupun drainase kota.

"Ini tidak diabaikan begitu. Kami pastikan itu semua sehingga kalaupun ada dampak meluapnya atau curah hujan tinggi itu kami akan alirkan dari drainase kami ke drainase kota," ucap Hikmat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan, curah hujan tinggi bukan satu-satunya penyebab banjir di sejumlah ruas jalan ibu kota pada Senin (11/12) kemarin.

"Memang sebenarnya jujur kami katakan ya, dengan adanya pembangunan MRT, LRT, sekarang baru ditunjukin nih penyakitnya," kata Teguh, Selasa (12/12).

Teguh mengatakan, pihaknya sudah lama mengirim surat kepada jajaran PT MRT Jakarta dan pengelola LRT Jakarta. Dia meminta pembangunan yang dilakukan jangan sampai mengganggu drainase. "Termasuk juga mohon maaf ya, pembangunan trotoar, ini salah satu faktornya," katanya.

Akibat proyek pembangunan tersebut, terjadi penyempitan saluran air di sejumlah ruas jalan. Teguh mengaku sudah melaporkan hal tersebut kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Terjadi penutupan drainase akibat pengecoran-pengecoran yang mereka lakukan. Kemudian juga tali-tali air yang kami bangun, menjadi tertutup," ujar Teguh. (Ridwan Aji Pitoko)

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di Kompas.com berjudul: Disebut sebagai Penyebab Banjir Jakarta, Ini Kata PT MRT Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini

Terbaru