Dorong warga bersepeda, Pemprov DKI akan luncurkan sejumlah jalur sepeda

Selasa, 17 September 2019 | 14:07 WIB Sumber: Kompas.com
Dorong warga bersepeda, Pemprov DKI akan luncurkan sejumlah jalur sepeda

ILUSTRASI. ilustrasi kesehatan bersepeda - jalur sepeda


DKI JAKARTA - JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan meluncurkan jalur- jalur sepeda di Jakarta. Tujuannya untuk mendorong lebih banyak warga Jakarta beraktivitas menggunakan sepeda. 

"Kita akan meluncurkan jalur-jalur sepeda yang kita harapkan nanti warga Jakarta lebih banyak lagi menggunakan sepeda," ujar Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (17/9). 

Baca Juga: Anies bolehkan PKL jualan di trotoar, wajah Jakarta terancam semrawut

Anies menuturkan, sepeda bisa digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari. Warga bisa menggunakan sepeda untuk menempuh jarak yang cukup dekat. 

"Untuk lokasi yang dekat, untuk jarak-jarak tempuh yang memungkinkan menggunakan sepeda, kita mendorong masyarakat menggunakan sepeda," kata Anies. 

Selain membangun jalur sepeda, Pemprov DKI juga akan menyiapkan banyak tempat parkir sepeda. Pemprov DKI juga meminta perusahaan swasta menyiapkan tempat parkir sepeda di kantor mereka. 

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan, jalur-jalur sepeda berada di ruas jalan. "(Jalur sepeda) di jalan, sesuai dengan kajian kita seperti itu," ucap Syafrin. 

Baca Juga: Bersiap, Polda Metro Jaya akan gelar razia pajak kendaraan

Menurut Syafrin, jalur-jalur sepeda dalam program "Jakarta Ramah Bersepeda" akan diluncurkan pada Jumat (20/9). 

Chief Executive Officer Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) Heather Thompson disebut akan hadir dalam peluncuran jalur sepeda di Jakarta. 

"Kita akan ramai-ramai gowes, ada Pak Gubernur, CEO ITDP, kan luar biasa, beliau jauh-jauh dari Jerman datang untuk menyaksikan program Jakarta Ramah Bersepeda yang mulai kita giatkan tahun ini," tutur Syafrin. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dorong Warga Bersepeda, Pemprov DKI Akan Luncurkan Jalur-jalur Sepeda"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru