Erick Thohir dan Budi Karya resmikan stasiun terpadu di DKI bersama Anies

Rabu, 17 Juni 2020 | 16:23 WIB   Reporter: Lidya Yuniartha
Erick Thohir dan Budi Karya resmikan stasiun terpadu di DKI bersama Anies


INFRASTRUKTUR DAERAH -  JAKARTA. Hari ini, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan stasiun terpadu di Jakarta. Peresmian ini dipusatkan di Stasiun Tanah Abang dan Sudirman, Jakarta.

Peresmian ini dilakukan setelah dilakukan penandatanganan kerjasama antara BUMN melalui PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan Pemprov DKI melalui PT MRT Jakarta (Perseroda) mengenai usaha patungan untuk mengelola stasiun terpadu di ibu kota.

"Peresmian stasiun terpadu ini menunjukkan telah terbangunnya ekosistem yang sehat antara BUMN, BUMD, dan pihak swasta dalam memberikan layanan transportasi terintegrasi bagi masyarakat," ujar Erick, Rabu (17/6).

Baca Juga: Dinas PMPTSP DKI Jakarta jamin SIKM tidak bisa dipalsukan

Menurut Erick, adanya stasiun terpadu ini menjadi bukti bahwa Indonesia bisa menghasilkan sesuatu yang sulit dicapai bila dilakukan gotong royong.

Adapun, kerja sama ini meliputi pembenahan empat stasiun pelopor agar konektivitas transportasi berjalan lancar. Di tiap stasiun terpadu juga dilakukan penataan lokasi demi kenyamanan para penumpang saat menunggu, antara lain dengan pemanfaatan lahan untuk pengendapan dan naik-turun ojek online, ojek pangkalan, bajaj, bus kecil (Jak Lingko dan regular), lokasi halte transjakarta, mikrotrans, dan lain-lain.

Tak hanya penataan jalur naik-turun angkutan umum, penataan fasilitas dan sarana- prasarana juga telah dilakukan. Misalnya, membenahi selasar dan fasilitas pejalan kaki, lay bay bus TransJakarta, penyediaan rambu pengarah hingga penataan pedagang kaki lima.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, sebagai tahap awal akan ada 4 stasiun yang dijadikan kawasan terpadu, yakni Stasiun Sudirman, Stasiun Senen, Stasiun Juanda, dan Stasiun Tanah Abang. Dia berharap, stasiun yang saling terintegrasi ini terus bertambah.

Baca Juga: Catat, operasi pemeriksaan SIKM Jakarta akan berlangsung hingga 7 Juni

"Ke depan akan ada 4 lagi. Tambahannya Manggarai, Tebet Gondangdia, Palmerah. Kalau boleh usul tambah lagi Kota Tua. Jadi 5," kata Anies.

Anies berharap, pemerintah bisa mewujudkan kendaraan umum yang saling berintegrasi. Pasalnya, bila angkutan umum tersedia tetapi tidak saling terintegrasi, maka masyarakat tidak akan menggunakannya dengan optimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru