CLOSE [X]

Gandeng Jamkrida Jawa Tengah, Bank KB Bukopin Dukung Pemulihan Bisnis UKM

Minggu, 22 Mei 2022 | 15:51 WIB   Reporter: Ferrika Sari
Gandeng Jamkrida Jawa Tengah, Bank KB Bukopin Dukung Pemulihan Bisnis UKM

ILUSTRASI. Bank KB Bukopin


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank KB Bukopin Tbk menggandeng PT Penjaminan Kredit Daerah (Jamkrida) Jawa Tengah untuk mendukung pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terkait penerbitan Bank Garansi penjamin pita cukai tembakau. 

President Direktur KB Bukopin Chang Su Choi berharap kerjasama ini dapat membantu pemulihan bisnis pelaku UKM dengan memberikan penjaminan pembayaran cukai. Pita cukai merupakan kertas pita keamanan yang menjadi bukti pelunasan bea cukai yang dikenakan. 

"Dengan begitu, mereka dapat mengatur kondisi keuangan dan berkembang lebih baik," kata Choi, dalam keterangan resmi dikutip pada Minggu (22/5). 

Baca Juga: Bank KB Bukopin Dapat Kepercayaan dari PT Taspen Persero Jadi Mitra Layanan Perbankan

Selain itu, kata dia, kerja sama ini juga menunjukkan kepedulian perusahaan dalam mendukung UMKM Jawa Tengah dengan mempermudah pelaku usaha dalam mendapatkan kredit.

“Kerjasama ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh KB Bukopin untuk meningkatkan kepercayaan nasabah serta pelaku usaha di seluruh Indonesia. KB Bukopin senantiasa berkomitmen dan mendukung perekonomian nasional," tambahnya. 

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan di Kantor Cabang KB Bukopin Semarang pada 18 Mei 2022. Turut hadir Dewi Ekawati selaku MSME Product & Bussiness Support Divison Head, Zulfikar Andiko selaku SME Regional Head II, Heri Siswanto selaku Ritel Head Region.

Baca Juga: Pefindo tetapkan peringkat idBBB untuk Jamkrida Jabar dengan prospek stabil

Kemudian Rizavia M. Putri selaku MSME Product Department Head serta perwakilan dari Jamkrida Jateng yaitu Nazir Siregar selaku Direktur Utama Jamkrida Jateng, Agung Setiawan selaku alt. Manager Distribution, serta Perwakilan Legal dan divisi Partnership Jamkrida Jateng.

Tercatat jumlah sektor usaha di Jawa Tengah sebesar 4,2 juta unit dengan rincian usaha mikro mencapai 3,77 juta unit, usaha kecil 354 ribu unit, dan usaha menengah sebesar 3,358 unit. Angka tersebut menunjukkan bahwa usaha mikro merupakan unit yang mendominasi di Jawa Tengah.

Jamkrida Jateng merupakan badan usaha perseroan terbatas yang melaksanakan kegiatan usaha di bidang penjamin kredit bagi Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi (UMKMK).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru