Gempa tektonik 4,8 SR mengguncang Kabupaten Tasikmalaya

Senin, 07 Januari 2019 | 23:19 WIB   Reporter: Yudho Winarto
Gempa tektonik 4,8 SR mengguncang Kabupaten Tasikmalaya


GEMPA - JAKARTA. Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pukul 22:04:09 WIB, Senin (7/1).

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, gempa bumi dengan kekuatan M=4.8 Skala Richter (SR) dengan koordinat episenter 8.15 LS dan 107.88 BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 62 km Barat Daya Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat pada kedalaman 21 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di daerah Sukabumi, Pangandaran, Garut, Tasikmalaya dan Ciamis II-III MMI.

“Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan,” ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto melalui akun instagram @infobmkg.  

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat subduksi di wilayah Selatan Jawa.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan. “Untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru