Gereja Katedral Jakarta batasi hanya 20% jemaat yang bisa hadir tatap muka misa Natal

Kamis, 24 Desember 2020 | 15:24 WIB Sumber: TribunNews.com
Gereja Katedral Jakarta batasi hanya 20% jemaat yang bisa hadir tatap muka misa Natal


NATAL - JAKARTA. Gereja Katedral Jakarta melakukan pembatasan jemaat untuk malam misa Natal hanya 20 persen dari kapasitas total gereja.

Juru Bicara Gereja Katedral Jakarta Susyana Suwadie mengatakan ketentuan ini selaras dengan pedoman yang diberikan oleh Keuskupan Agung Jakarta dalam pelaksanaan peribadatan di masa pandemi. "Kapasitas gereja untuk ibadat misa Natal sebanyak 309 kursi, yaitu 20 persen dari kapasitas Gereja Katedral," kata Susyana dalam keterangannya, Kamis (24/12/2020).

Rincian dari 309 umat yang bisa beribadat di lokasi, yakni 200 umat akan ditempatkan di dalam Gereja Katedral, sementara 109 lainnya berada di Plaza Maria. Setiap selesai ibadat, pihak Gereja Katedral akan melakukan disinfeksi baik pada area dalam ruang gereja. Sterilisasi ruangan dilakukan dalam upaya mencegah penularan Covid-19. "Setiap selesai ibadat, Gereja Katedral melakukan disinfeksi di dalam dan seluruh ruang gereja," ucapnya.

Adapun umat yang bisa hadir mengikuti peribadatan secara offline di Gereja Katedral adalah mereka yang berusia 18 - 59 tahun. Mereka juga harus terlebih dulu mendaftarkan diri melalui website Bela rasa yang disediakan oleh Keuskupan Agung Jakarta.

Baca Juga: 6 Hidangan khas Natal di berbagai negara, bisa jadi inspirasi sajian Natal

Gereja Katedral juga akan melakukan protokol kesehatan secara ketat kepada jemaat yang akan beribadat. Diantaranya melakukan pengecekan suhu tubuh, menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, hingga mengatur jarak kursi antar umat. "Umat yang hadir adalah umat Paroki Katedral yang berusia 18-59 tahun dan dalam keadaan sehat dan melakukan pendaftaran untuk mengikuti ibadat melalui website Bela rasa yang disediakan oleh Keuskupan Agung Jakarta," tuturnya.

Selain ibadat tatap muka, Gereja Katedral juga menyediakan live streaming bagi jemaat yang ingin mengikuti Misa Natal secara daring. Siaran langsung bisa diikuti melalui kanal Youtube Komsos Katedral Jakarta.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Gereja Katedral Jakarta Batasi Hanya 20 Persen Jemaat yang Bisa Hadir Tatap Muka Misa Natal"

Selanjutnya: Tradisi perayaan Hari Natal yang unik di berbagai negara

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru