Peristiwa

Gunung Merapi keluarkan dua kali guguran lava pijar, jarak luncur maksimum 900 meter

Senin, 15 Februari 2021 | 13:33 WIB Sumber: Kompas.com
Gunung Merapi keluarkan dua kali guguran lava pijar, jarak luncur maksimum 900 meter

ILUSTRASI. Rentetan guguran lava dan luncuran awan panas Merapi terjadi sepanjang Rabu (27/1/2021) sejak dini hari hingga sekitar pukul 08.30 saat foto-foto ini dibuat di kawasan Sleman, DIY.

KONTAN.CO.ID - YOGYAKARTA. Gunung Merapi kembali dilaporkan mengeluarkan guguran lava pijar.  Berdasarkan hasil pemantauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada hari ini, Senin (15/2), mulai 00.00 WIB hingga 06.00 WIB, lava pijar meluncur dengan jarak maksimum 900 meter.

"Teramati dua kali guguran lava pijar di Gunung Merapi," kata Kepala BPPTKG dalam keterangan tertulis, Senin. Lava pijar disebut meluncur ke arah barat daya.

Dalam pemantauan tersebut, BPPTKG juga mencatat ada 28 kali gempa guguran berdurasi 12 hingga 91 detik dan dua kali gempa fase banyak berdurasi 7 sampai 8 detik. "Tingkat aktivitas Gunung Merapi masih ditetapkan level III (Siaga)," imbuh BPPTKG.

Potensi bahaya Gunung Merapi saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi Sungai Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 kilometer. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

Baca Juga: Aktivitas vulkanik Gunung Sindoro meningkat, warga diminta waspada

Masyarakat diimbau agar tidak melakukan kegiatan apa pun di daerah potensi bahaya dan mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi. Penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan.

Pelaku wisata direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi. "Jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan, maka status aktivitas Gunung Merapi akan segera ditinjau kembali," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Gunung Merapi Keluarkan 2 Kali Guguran Lava Pijar, Jarak Luncur Maksimum 900 Meter.
Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma
Editor: Teuku Muhammad Valdy Arief

Baca Juga: Gunung Merapi punya dua kubah lava, pertama kali dalam sejarah

Editor: Wahyu T.Rahmawati
Terbaru