Hadirkan Wahana Rumah Riana, Ancol (PJAA) Siap Raup Berkah Libur Lebaran

Sabtu, 30 April 2022 | 08:30 WIB   Reporter: Akmalal Hamdhi
Hadirkan Wahana Rumah Riana, Ancol (PJAA) Siap Raup Berkah Libur Lebaran


ANCOL - JAKARTA. PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk (PJAA) bersiap meraup berkah libur lebaran. Perusahaan telah menyiapkan beragam strategi guna memanfaatkan momentum ini.

Pada periode libur Lebaran tahun ini, PJAA menghadirkan wahana baru di Dunia Fantasi (Dufan) seperti Rumah Riana hasil kolaborasi dengan The Sacred Riana.

Direktur Operasional PT Taman Impian Jaya Ancol yakni anak usaha  PJAA, Eddy Prastiyo mengatakan, Rumah Riana sudah tersedia mulai dari tanggal 2 Mei atau hari pertama libur lebaran.

Baca Juga: Perusahaan Pariwisata dan Rekreasi Lebih Benderang Karena Libur Panjang

"Rumah Riana ini adalah fasilitas free yang diberikan pada pengunjung. Jadi tidak ada tiket tambahan bagi pengunjung. Pengunjung bebas masuk tentunya dengan syarat yang harus dipenuhi," ungkap Eddy saat konferensi pers, Jumat (29/4).

Sebagai informasi, wahana Rumah Riana sudah tersedia pada tanggal 2 Mei 2022. Adapun, kerja sama ini memiliki kontrak selama 1 tahun dan mempunyai opsi perpanjangan kontrak di kemudian hari.

Eddy bilang, semua unit yang ada di Ancol akan menghadirkan suasana baru pada libur lebaran. Dari unit Dufan, selain Rumah Riana, Ancol juga membuka kembali wahana Ice Age yang sempat ditutup selama 2 tahun karena terdampak pandemi.

Event khusus di momentum ini juga diterapkan pada unit Ancol lainnya. Di Sea World misalnya, Ancol menghadirkan Sea World Ancol Digital Gallery, Divers Santri pada tanggal 1-8 Mei, serta Live Music dan Festival kuliner yang digelar dari tanggal 1-16 Mei 2022.

Kendati demikian, PJAA masih mengontrol kedatangan para pengunjung yang diprediksi bakal membludak. Di periode libur lebaran tahun ini, Ancol membuka kapasitas sebanyak 65.000 pengunjung. Hal tersebut, sebagai langkah antitsipasi karena pandemi dinilai masih belum benar-benar pulih.

"Ancol memiliki kapasitas di atas 120.000 pengunjung per hari. Artinya, karena PPKM level 2 hanya mengizinkan sekitar 75% maka yang datang ke Ancol hanya boleh sekitar 90.000 pengunjung per hari. Sementara, di momen Lebaran ini, kami membatasi kapasitas hingga 65.000 pengunjung per hari," Tutur Eddy.

Baca Juga: Gembira Sayangi Lingkungan, Acara Seru Peringati Hari Bumi Di Allianz Ecopark Ancol

Guna mengantisipasi lonjakan pada periode libur ini, manajemen Ancol juga mempersiapkan dari sisi back office agar dapat memberikan pelayanan maksimal saat libur Lebaran. Fasilitas publik disiapkan Ancol seperti penambahan 3 Ambulan, 7 lifeguard station, 2 unit mobil derek, dan 10 unit bus Wara-Wiri.

Serta, menjaga kepatuhan protokol kesehatan dengan menjalin kerja sama bersama TNI, Polri, dan Satpol PP.

"Saat libur Lebaran, petugas keamanan dari Ancol nanti yang akan bertugas sebanyak 110 orang. Kemudian, dari TNI, Polri, Satpol PP berjumlah 250 orang. Sehingga, total ada 360 personil yang akan berjaga saat libur Lebaran," kata Eddy.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru