Hutan pinus di Tana Toraja terbakar, diduga akibat puntung rokok

Kamis, 25 Juli 2019 | 10:27 WIB Sumber: Kompas.com
Hutan pinus di Tana Toraja terbakar, diduga akibat puntung rokok


KEBAKARAN - TANA TORAJA. Kebakaran hutan pinus seluas 3 hektare terjadi di perbatasan Dusun Tonglo, Lembang Tapparan Utara, Kecamatan Rantetayo dengan Lembang Batu Tiakka, Kecamatan Saluputti, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Rabu (24/7) sore.

Menurut keterangan saksi, Alfin (23), api diduga akibat puntung rokok warga yang dibuang saat melintas di lokasi tersebut. Puntung rokok diduga membakar semak belukar yang berada di pinggir jalan.

Namun, karena kencangnya tiupan angin membuat pepohonan pinus terbakar. "Api dengan cepat merambat ke pohon akibat tiupan angin, hingga hutan pinus ini yang diperkirakan 3 hektare mengalami kebakaran,” kata Alfin, Rabu.

Komandan Koramil Saluputti Peltu Cornelius Lolo mengatakan, personelnya telah melakukan upaya pemadaman di lokasi tersebut. Pemadaman juga dibantu warga. Api bisa dipadamkan pada Rabu sore, waktu setempat.

“Personel kami membantu melakukan pemadaman api, bersama BPBD Tana Toraja dan masyarakat. Api berhasil dipadamkan pukul 16.00 Wita. Kerugian material akibat kejadian ini yakni hutan pinus seluas 3 hektare ludes terbakar,” ucap Cornelius.

Dalam kejadian ini personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja, dan 3 unit armada pemadam kebakaran diturunkan untuk memadamkan api.(Amran Amir)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Diduga akibat Puntung Rokok, Hutan Pinus di Tana Toraja Terbakar

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru