Ingin ke Bandung? Ada ganjil genap hingga Minggu (5/9), ini jadwal & lokasinya

Sabtu, 04 September 2021 | 05:40 WIB Sumber: Kompas.com
Ingin ke Bandung? Ada ganjil genap hingga Minggu (5/9), ini jadwal & lokasinya


KEBIJAKAN PELAT GANJIL GENAP - Bandung. Cek dulu nomor kendaraan Anda jika ingin masuk kota Bandung melalui jalan tol. Pasalnya, pada akhir pekan ini berlaku kebijakan ganjil genap di Bandung.

Kebijakan ganjil genap di Bandung berlaku sejak Jumat, 3 September 2021. Kebijakan ganjil genap Bandung akan berlaku hingga Minggu 5 September 2021.

Ganjil genap di Kota Bandung hanya berlaku di pintu masuk tol. Selain itu, kebijakan ganjil genap di Bandung hanya berlaku pada jam tertentu.

Jadwal dan lokasi ganjil genap Bandung

Waktu pelaksanaan ganjil genap di Kota Bandung adalah:

  • Ganjil genap Bandung pada Sabtu pukul 10.00 WIB hingga 21.00 WIB
  • Ganjil genap Bandung pada Minggu pukul 10.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Lokasi pelaksanaan ganjil genap di Kota Bandung adalah:

  • Ganjil genap Bandung di gerbang tol Pasteur
  • Ganjil genap Bandung di gerbang tol Pasirkoja
  • Ganjil genap Bandung di gerbang tol Kopo
  • Ganjil genap Bandung di gerbang tol Buahbatu
  • Ganjil genap Bandung di gerbang tol Moch Toha

 

Ganjil genap adalah sistem pengaturan arus lalu lintas kendaraan bermotor berdasarkan plat nomor kendaraan. Kendaraan dengan plat nomor belakang genap hanya boleh melintas pada tanggal genap. Sedangkan kendaraan dengan plat nomor belakang ganjil hanya boleh melintas pada jalan tertentu pada tanggal ganjil.

Ganjil genap di Kota Bandung diberlakukan oleh Polresta Bandung untuk membatasi mobilitas sosial selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3. Ganjil genap tersebut berlaku di lima gerbang jalan tol area Kota Bandung pada akhir pekan mulai hari ini, Jumat 3 September hingga 5 September 2021.

Kapolrestabes Bandung Kombes Aswin Sipayung mengatakan, sebanyak 467 petugas gabungan disebar untuk mengatur kebijakan ganjil genap Bandung tersebut. Pengaturan ganjil genap ini melibatkan personel gabungan dari Polri, TNI dan Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Baca juga: Agar masyarakat disiplin, Wagub DKI dukung tilang ganjil genap diberlakukan

Personel akan ditempatkan di sejumlah titik pemberlakuan ganjil genap di Kota Bandung. “Kita akan melakukan kegiatan di beberapa titik di pintu masuk Kota Bandung. Di beberapa titik akan ditempatkan unsur kami di Polres, Dishub dan TNI,” ucap Aswin.

Menurut Aswin, penerapan ganjil genap di Kota Bandung ini diberlakukan untuk mengurangi mobilitas masyarakat. Terlebih dalam masa pandemi Covid-19 di mana Kota Bandung masih berada pada Level 3. “Untuk mengurangi arus masuk ke Bandung saat weekend dikarenakan masih tinggi yang terkena pandemi. kita batasi kegiatan,” tandas Aswin.

Itulah informasi kebijakan ganjil genap Bandung yang berlaku hari ini. Semoga perjalananan lancar dan selamat sampai tujuan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ganjil Genap di 5 Ruas Tol Bandung Berlaku Hari Ini", 


Penulis : Aprida Mega Nanda
Editor : Azwar Ferdian

 

Selanjutnya: Catat, ganjil genap di Kota Bandung mulai berlaku Jumat (3/9) di jalan ini

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru