Ini daftar lima Tol Trans Sumatera yang beroperasi tahun depan

Selasa, 31 Desember 2019 | 21:16 WIB Sumber: Kompas.com
Ini daftar lima Tol Trans Sumatera yang beroperasi tahun depan

ILUSTRASI. Sejumlah pekerja menggunakan alat berat untuk menyelesaikan pembangunan terowongan gajah di proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai di daerah Minas, Riau, Selasa (17/12/2019). Hutama Karya memastikan menambah operasionalisasi lima ruas tol di Jalan Tol Trans Sum


JALAN TOL - JAKARTA. PT Hutama Karya (Persero) memastikan akan menambah operasionalisasi lima ruas tol di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada tahun 2020 mendatang. 

Executive Vice President Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Hutama Karya J Aries Dewantoro mengatakan, lima ruas tol baru di JTTS ini sepanjang 311,26 kilometer. "Kelimanya ditargetkan menyusul beroperasi pada tahun 2020," ujar Aries. 

Baca Juga: Kebijakan contraflow diberlakukan mulai dari jalan tol Jagorawi menuju arah Ciawi

Berikut daftar lengkapnya: 
1. Tol Sigli-Banda Aceh 
Salah satu ruas JTTS yang akan beroperasi pada tahun 2020 adalah Tol Sigli-Banda Aceh. Tol sepanjang 74 kilometer tersebut menghubungkan Kota Banda Aceh dan Kabupaten Sigli di Provinsi Aceh. 

Jalan tol ini terbagi dalam enam seksi, yakni Seksi 1 Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 25,2 kilometer, Seksi 2 Seulimeum-Jantho 6,1 kilometer, dan Seksi 3 Jantho-Indrapuri 16 kilometer. 

Kemudian, Seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang 14,7 kilometer, Seksi 5 Blang Bintang-Kuto Baro 7,7 kilometer, dan Seksi 6 Kuto Baro-Simpang Baitussalam 5 kilometer. 

Kehadiran Tol Sigli-Banda Aceh diharapkan dapat memangkas waktu tempuh dari Banda Aceh ke Sigli dan sebaliknya menjadi sekitar 1 jam perjalanan, yang awalnya memakan waktu 2-3 jam. 

Baca Juga: Puncak ditutup malam ini, Tol Ciawi diberlakukan contraflow

2. Tol Medan-Binjai Seksi 1 
Tak hanya Tol Sigli-Banda Aceh, ruas tol kedua yang diperkirakan dapat beroperasi pada 2020 mendatang adalah Tol Medan-Binjai Seksi 1. Tol Medan Binjai Seksi 1 ini meliputi Simpang Susun Helvetia-Simpang Susun Tanjung Mulia sepanjang 6,27 kilometer. 

Menurut data monitoring Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, perkembangan konstruksi untuk kedua simpang susun tersebut sudah mencapai 91,98%.

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru