Jawa Timur

Ini yang akan dilakukan Risma setelah tak lagi menjabat wali kota

Rabu, 09 Desember 2020 | 13:22 WIB Sumber: Kompas.com

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seusai melakukan pencoblosan di TPS 001, Perumahan Taman Pondok Indah, Kelurahan Jajar Tunggal, Kecamayan Wiyung, Surabaya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini berbicara mengenai nasibnya setelah tidak lagi menjabat sebagai wali kota. 

Kepada wartawan, Risma menyampaikan belum memiliki pandangan apakah akan kembali terjun ke politik. Saat ditanya apakah bersedia jika nanti mendapat tawaran menjadi menteri, Risma tak menjawab dengan gamblang. 

"Nanti lah ya teman-teman. Aku dulu ditawari ya waktu sama Pak Bambang DH (mantan wali kota Surabaya), aku minta jadi kepala dinas pendidikan, ya mana mungkin insinyur kepala dinas pendidikan kan, tapi aku bilang kenapa? Karena di situlah kita bisa mengubah, memang lama hasilnya, tapi itu akan dimulai dari pendidikan," kata Risma. 

Baca Juga: KPU Padang membuat TPS keliling untuk pasien Covid-19 yang menjalani karantina

Risma mengaku tak pernah merencanakan apa pun dalam politik. Politikus PDI-P ini menyebut akan menduduki jabatan politik jika mendapat amanah publik. Namun, ia menegaskan tak pernah meminta jabatan tertentu di bidang politik. 

"Saya belum tahu, yang jelas aku enggak merencanakan untuk apa pun, karena bagi saya jabatan itu amanah dan enggak boleh diminta. Jadi, saya enggak merencanakan apa pun," ujar Risma. 

Meski demikian, Risma tetap memiliki rencana yang akan dilakukan ke depan, namun hal ini tak berkaitan dengan politik. Risma menyebut, rencana terdekat yang akan dilakukan setelah purna tugas adalah berbisnis. 
"Pertama, saya akan coba berbisnis, kedua ada beberapa perguruan tinggi yang meminta saya menjadi pengajar," tutur Risma. 

Dua hal itulah yang kemungkinan besar akan digeluti Risma setelah tidak menjabat wali kota Surabaya. Soal bisnis, Risma mengaku akan mencoba menekuni semua peluang di bidang usaha yang bisa ia lakukan. 

Baca Juga: Tak celupkan jari ke tinta dan 15 hal baru pada Pilkada Serentak 2020

"Bikin usaha, ya macam-macam namanya juga usaha. Apa saja pokoknya bisa saya ambil," kata Risma. Saat ditanya perihal keinginan berangkat ke Jakarta, Risma hanya menjawab singkat. 

"Gimana maksudnya? Apa aku coba jualan di Jakarta gitu ta?" kata Risma, sambil tertawa. 

Risma sendiri, tak lama lagi akan segera purna tugas dari jabatan sebagai wali kota Surabaya, tepatnya pada Februari 2021. Risma menjabat sebagai wali kota Surabaya selama 10 tahun atau dua periode. (Ghinan Salman)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini yang Akan Dilakukan Risma Setelah Tak Lagi Menjabat Wali Kota".

 

Selanjutnya: ​Bagaimana jika calon tunggal menang dalam Pilkada 2020?

 

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru