Jabodetabek

Jalan Sudirman-Thamrin punya jalur khusus sepeda, siap dipakai gowes

Jumat, 19 Juni 2020 | 09:49 WIB Sumber: Kompas.com
Jalan Sudirman-Thamrin punya jalur khusus sepeda, siap dipakai gowes

ILUSTRASI. Pengendara melintasi Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, Senin (14/10/2019), dimana dijalan tersebut ada jalur khusus sepeda baru yang di buat Pemprov DKI Jakarta. Ada sejumlah jalur baru khusus sepeda di Ibu Kota DKI Jakarta. Sosialisasi jalur baru yang be


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya bersama Pemprov DKI Jakarta menyiapkan jalur khusus sepeda selama pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi dengan mengambil jalur kendaraan bermotor.

Jalur sepeda sementara ini diberi nama pop-up bike lane yang berada di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin, berjarak sekitar 14 Km.

Untuk membatasi jalur sepeda dan jalur kendaraan bermotor, polisi menggunakan traffic cone, dan akan mengatur penggunaannya sesuai waktu operasional yang ditetapkan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yugo, mengatakan, pihaknya dan Dishub DKI Jakarta telah menyepakati jam operasional jalur sepeda tersebut pada pagi dan sore hari.

Baca Juga: PSBB transisi, Dishub DKI siapkan jalur sepeda sementara sepanjang 14 kilometer

“Dari Senin sampai Jumat itu pagi harinya jam 06.00 – 08.00 WIB, kemudian untuk sore hari dari jam 16.00 – 18.00 WIB,” ujar Sambodo, dalam keterangan tertulis (18/6/2020).

Sementara untuk hari Sabtu, jalur sepeda sementara akan mulai beroperasi dari pukul 06.00 – 10.00 WIB. Dan pada sore harinya pukul 16.00 – 19.00 WIB.

Kemudian pada hari Minggu, kemungkinan penerapan jalur sepeda sementara akan bersamaan dengan pelaksanaan jadwal car free day. Sedangkan untuk sore hari, pukul 16.00 – 19.00 WIB.

“Di sela-sela jam tersebut, maka pembatas pop-up bike lane ini kemudian kita pinggirkan. Karena memang, arus lalu lintas juga cukup padat,” kata Sambodo. (Dio Dananjaya)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap Dipakai Gowes, Jalan Sudirman-Thamrin Punya Jalur Khusus Sepeda",

 

Editor: Yudho Winarto


Terbaru