Jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi 3 ditargetkan kelar pertengahan 2022

Sabtu, 29 Mei 2021 | 22:05 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi 3 ditargetkan kelar pertengahan 2022


PROYEK INFRASTRUKTUR - JAKARTA. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau groundbreaking dari jalan tol Cinere-Jagorawi (Cijago) seksi 3. Alokasi anggaran untuk Tol Cijago seksi 3 ini mencapai Rp 1,2 triliun.

"Hari ini groundbreaking jalan tol Cinere-Jagorawi seksi 3 dari Kukusan sampai Cinere," kata Basuki saat acara Groundbreaking Tol Cijago Seksi 3 di Depok, Jumat (28/5).

Basuki mengatakan, Tol Cijago seksi 3 ini bakal melengkapi seksi 1 dan seksi 2 yang telah diresmikan sebelumnya. Yakni masing-masing pada tahun 2012 dan tahun 2019.

Dia menjelaskan, salah satu kendala pembangunan Tol Cijago seksi 3 adalah pembebasan lahan. Meski begitu, Basuki optimistis tol Cijago seksi 3 dapat rampung pada tahun depan karena pembebasan lahan sudah mencapai 70%.

"Jadi sudah hampir 10 tahun panjangnya hanya 14 kilometer (km). Bukan berarti kami lambat mengerjakan. Tapi memang di perkotaan tantangannya jauh lebih besar," jelas dia.

Basuki juga mengapresiasi PT Translingkar Kita Jaya yang merupakan pemenang lelang pengusahaan Jalan Tol Cijago untuk pengerjaan seksi 3. Hal ini juga menyerap lapangan pekerjaan hingga sekitar 1.000 pekerja.

Baca Juga: Soal RUU tentang jalan, ini kata Menteri PUPR

Lebih lanjut dia mengatakan, jalan tol Cijago ini merupakan bagian dari Jalan Tol JORR II yang terdiri dari ruas Cengkareng-Kunciran (15,2 Km), Kunciran Serpong (11,2 Km), Serpong-Cinere (10,1 Km), Cinere-Jagorawi (14,6 Km), Cimanggis-Cibitung (25,4), Cibitung-Cilincing (33,9), dan Akses Tanjung Priok (12,1 Km).

"Kalau tanah sudah bebas pembangunan infrastruktur-nya jauh lebih cepat," terang Basuki.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menambahkan, dengan upaya-upaya akselerasi yang akan dilakukan, diharapkan konstruksi Jalan Tol Cijago seksi 3 rampung pertengahan tahun 2022.

Hadirnya Tol Cijago seksi 3 ini pergerakan wilayah perkotaan Jabodetabek bisa terselenggara dengan baik.

"Apabila semua pengadaan tuntas, tolong dikejar kondisi jalan cuaca baik, mudah-mudahan bisa pertengahan 2022," ucap Danang.

Direktur Utama PT Translingkar Kita Jaya Hilman Muchsin pun berharap dukungan semua pihak terkait untuk pengerjaan Tol Cijago seksi 3. Pihaknya berkomitmen untuk melakukan pengerjaan sesuai instruksi Kementerian PUPR.

"Kami berharap pada akhir tahun 2022 bisa dioperasikan secara penuh, sehingga Jagorawi ke arah bandara bisa tersambung secara sempurna," pungkas Hilman.

 

Selanjutnya: BI jelaskan pelajaran berharga dari krisis global 2008

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru