HOME

Jika nekat mudik ke Solo, siap-siap kena karantina 5 hari

Senin, 19 April 2021 | 09:26 WIB Sumber: Kompas.com
Jika nekat mudik ke Solo, siap-siap kena karantina 5 hari

ILUSTRASI. Mudik Lebaran 2021 dilarang. Hal ini juga sudah disosialisasikan dibeberapa daerah termasuk di Solo, Jawa tengah. KONTAN/Fransiskus Simbolon

KONTAN.CO.ID - SOLO. Mudik Lebaran 2021 dilarang. Hal ini juga sudah disosialisasikan di beberapa daerah termasuk di Solo, Jawa tengah. Polresta Surakarta menyiapkan beberapa titik penyekatan untuk menghalau warga yang nekat melakukan mudik Lebaran. 

Dalam pos pengamanan sekaligus penyekatan akan dijaga ketat oleh personil Satlantas, TNI, Dishub, Dinas Kesehatan, dan juga Satpol PP. 

Kasatlantas Polresta Surakarta, Kompol Adhytia Warman menjelaskan, akan diadakan tindakan untuk menyuruh pemudik putar balik. Adapun yang terpaksa harus ke Solo, harus menunjukkan hasil swab antigen atau tes PCR kepada petugas. 

"Bagi warga yang nekat mudik ke Solo akan kami suruh putar balik, untuk warga yang ada maksud atau kepentingan tertentu di Solo harus menunjukkan surat hasil swab antigen atau tes PCR," kata Adhytia kepada Kompas.com, Sabtu (17/4/2021). 

Baca Juga: Larangan mudik Lebaran 2021, ini pos polisi untuk penjagaan di wilayah Jadetabek

Adhytia juga menjelaskan akan ada beberapa petugas dari dinas kesehatan yang akan membantu berjaga di pos pengamanan. Petugas kesehatan akan melakukan rapid tes terhadap semua pemudik yang akan masuk ke Solo. 

"Pemudik yang datang ke Solo nantinya harus melakukan karantina selama lima hari, baik yang reaktif ataupun non reaktif," ucap Adhytia. 

Baca Juga: PPKM Mikro Berakhir Hari Ini Tapi Siap-siap Saja Kalau Diperpanjang

Jika dalam tes yang dilakukan di pos penyekatan menunjukkan hasil non reaktif maka yang bersangkutan akan dibawa ke Solo Techno Park untuk karantina selama lima hari. 

Sedangkan apabila hasilnya reaktif tanpa gejala, maka yang bersangkutan akan dikirim ke asrama haji Donohudan. Namun jika hasil reaktif dengan gejala maka akan langsung dikirimkan ke rumah sakit rujukan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nekat Mudik ke Solo, Siap-siap Kena Karantina"
Penulis : Arif Nugrahadi
Editor : Aditya Maulana
 

Selanjutnya: Menaker mengimbau pekerja swasta dan PMI tak mudik Lebaran

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru