Jokowi sidak ke waduk Pluit Jakarta Utara pagi tadi

Jumat, 03 Januari 2020 | 13:25 WIB Sumber: TribunNews.com
Jokowi sidak ke waduk Pluit Jakarta Utara pagi tadi

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


BANJIR - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara mendadak meninjau waduk Pluit, Jakarta Utara, sebelum beraktivitas di Istana Negara, Jakarta, Jumat (3/1) pagi.

Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden, Bey Machmudin mengatakan, tinjauan Presiden ke waduk Pluit berlangsung sekitar 30 menit, tanpa didampingi jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga: Siaga, hujan deras diprediksi berlangsung hingga 10 Januari

"Presiden memastikan pompa berfungsi dengan baik, lihat alat berat dan ketemu pegawai di sana. Beliau memastikan semua pompa berfungsi dengan baik," ujar Bey saat dikonfirmasi.

Menurut Bey, setelah meninjau, Presiden kemudian kembali ke Istana Negara Jakarta untuk beraktivitas ke agenda selanjutnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menilai banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Jakarta dan lainnya, karena terjadi kerusakan alam.

"Ini karena kerusakan ekosistem, kerusakan ekologi yang ada, tapi juga ada memang karena kesalahan kita yang membuang sampah di mana-mana, banyak hal," ujar Jokowi di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, (2/1/).

Baca Juga: Pastikan korban banjir tertangani, Kemensos kirim bantuan dan kerahkan tim Tagana

Menurut Jokowi, penanganan banjir yang utama saat ini yaitu menyelamatkan masyarakat yang menjadi korban banjir dengan sinergi semua instansi. "Keselamatan keamanan masyarakat harus didahulukan," ucap Jokowi.

Setelah korban banjir tertangani dengan baik, kata Jokowi, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus bersama-sama mencegah terjadinya banjir kembali di masa depan.

"Nanti urusan penanganan banjir secara infrastrukturnya akan kita bicarakan setelah penanganan evakuasi selesai," tutur Jokowi.

Baca Juga: Ingat, sengaja menerobos genangan banjir bisa gugurkan klaim asuransi

"Saya ingin agar kerjasama ini dibangun pusat, provinsi, kabupaten dan kota. Sehingga semuanya bisa tertangani dengan baik," sambung Jokowi.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Pastikan Pompa Berfungsi, Diam-Diam Jokowi Tinjau Waduk Pluit"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru