Juli 2024, Jalan Tol Menuju IKN Ditargetkan Kelar

Kamis, 02 November 2023 | 05:54 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Juli 2024, Jalan Tol Menuju IKN Ditargetkan Kelar

ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo meninjau proyek jalan Tol IKN di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023). Tol IKN yang menghubungkan Balikpapan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan jarak 57 kilometer itu telah mencapai progres 55 persen.


IKN NUSANTARA - JAKARTA. Proyek jaringan jalan tol menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) terus digeber. Jalan tol menuju IKN ditargetkan selesai pada Juli 2024.

Kepala Satuan Tugas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Nusantara Danis H. Sumadilaga mengatakan, pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini sudah berjalan terdapat tiga seksi. Yakni Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 34,22%.

Lalu, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan proges 42,67%. Serta, Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 61%.

"Saat ini pelaksanaan konstruksi terus berjalan. Nanti juga akan dilanjutkan dengan paket pekerjaan overpass, beautifikasi, termasuk kelengkapan jalan tol," kata Danis dalam keterangan tertulisnya, Rabu (1/11).

Baca Juga: Bangun Bandara IKN, Pemerintah Siapkan Anggarkan Rp 4,2 Triliun

Peningkatan konektivitas menuju IKN juga dilaksanakan Kementerian PUPR dengan melanjutkan kegiatan beautifikasi Jembatan Pulau Balang yang sudah selesai konstruksi pada 2021 lalu.

Pekerjaan beautifikasi mulai dikerjakan sejak Septembe 2022 meliputi pembangunan pengaman jembatan berupa armor blok beton, taman lansekap di area gedung Pusat Informasi Jembatan (PIJ), playground, ruko, toilet umum, masjid, pos jaga, floating dock, solar panel, dan amphitheatre.

Konstruksi Jembatan Pulau Balang terdiri dari jembatan utama sepanjang 804 meter, jembatan pendekat sepanjang 167 meter, dan jalan akses sepanjang 1.807 meter.

Pekerjaan beatifikasi masuk dalam paket pelindung tumbukan kapal (fender) dan bangunan pelengkap dengan anggaran APBN senilai Rp 306 miliar dengan penyedia jasa PT Hutama Karya (Persero), PT Adhi Karya (Persero) dan PT Bangun Cipta Konstruksi (KSO).

Presiden Jokowi mengatakan, Jalan Tol IKN yang terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju Kawasan Inti IKN, sehingga akan mempercepat mobilitas barang dan orang menuju IKN.

"Kalau biasanya kita ke IKN lewat Tol Balikpapan-Samarinda, kemudian menuju Sepaku dan masuk ke Nusantara butuh waktu kira-kira 2 jam 15 menit, sekarang dibangun tol ini langsung dari Balikpapan menuju ke Nusantara kira-kira hanya 45 menit dengan jarak 57 km," ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru