Kalsel dilanda banjir, Pertamina pastikan tetap penuhi kebutuhan BBM dan LPG

Sabtu, 16 Januari 2021 | 17:42 WIB   Reporter: Dimas Andi
Kalsel dilanda banjir, Pertamina pastikan tetap penuhi kebutuhan BBM dan LPG

ILUSTRASI. Pengisian BBM


PERTAMINA - BANJARMASIN. Bencana banjir bandang yang melanda sejumlah daerah di Kalimantan Selatan (Kalsel) sejak 4 hari lalu cukup memberikan dampak yang besar seperti infrastruktur jembatan yang putus, jalanan yang tidak dapat dilalui, volume air tinggi, sehingga kegiatan perekonomian terhenti.

Kendati demikian, PT Pertamina (Persero) melalui Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan memastikan stok BBM dan LPG tetap tersedia di wilayah Kalsel.

Akses distribusi di beberapa titik yang terendam banjir segera diantisipasi dengan mengalihkan distribusi BBM dari Integrated Terminal Banjarmasin ke Fuel Terminal Pulang Pisau dan Fuel Terminal Kotabaru agar stok SPBU area Kalsel tetap terjaga.

Unit Manager Communication Relation & CSR Pertamina Kalimantan Susanto August Satria mengungkapkan, sebagai antisipasi, Pertamina juga menambah pasokan BBM untuk TBBM Pulang Pisau sebanyak 48 kiloliter (KL) (8%) dan TBBM Kotabaru sebanyak 78 KL (11%). Bahkan, 111 SPBU area Kalsel pun tetap beroperasi untuk memenuhi BBM masyarakat

Begitu pula dengan LPG, penambahan pasokan juga dilakukan dari Depot LPG Balikpapan ke Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) di Kabupaten Tanah Laut dan Tanah Bumbu sebanyak 78 Metrik Ton (26.000 tabung) atau 18,6% penyaluran normal.

Baca Juga: BMKG imbau masyarakat waspadai peningkatan multi risiko bencana

Lebih lanjut, Satria mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan panic buying terutama di produk LPG 3 kg.

“Untuk stok di Depot LPG Mini di Kalsel sangat aman sehingga masyarakat dapat membeli LPG sesuai dengan kebutuhan. Sebanyak 74 agen dan 1.620 pangkalan tetap beroperasi untuk memastikan kebutuhan LPG di Kalsel aman,” tutur Satria dalam siaran pers yang diterima Kontan, Sabtu (16/1).

Pertamina juga terus berkoordinasi dengan BPBD setempat untuk dapat membantu kebutuhan masyarakat yang terdampak banjir ini. Melalui Pertamina Peduli, perusahaan ini akan menyampaikan bantuan yang telah disesuaikan dengan kebutuhan mendesak saat ini.

Apabila masyarakat menemui adanya kendala di lapangan mengenai terhambatnya penyaluran BBM & LPG, maka dapat langsung menghubungi call center Pertamina 135 atau email ke pcc@pertamina.com.

Selanjutnya: Ini penyebab gempa tektonik di Majene menurut BMKG

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru