Kedatangan Tamu KTT ASEAN, Pengaturan Penerbangan VVIP dan Reguler Berjalan Lancar

Selasa, 09 Mei 2023 | 21:28 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
Kedatangan Tamu KTT ASEAN, Pengaturan Penerbangan VVIP dan Reguler Berjalan Lancar

ILUSTRASI. Puncak Kedatangan Tamu KTT ASEAN, Pengaturan Penerbangan VVIP dan Reguler Berjalan Lancar


ASEAN - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat, pada hari ini, Selasa (5/9), merupakan puncak dari kedatangan pesawat VVIP dan VIP para pemimpin negara dan delegasi yang hadir pada KTT ASEAN ke-42 di Bandara Komodo, Labuan Bajo.

“Alhamdulillah, secara umum pengaturan penerbangan hari ini dilakukan dengan baik, sehingga pergerakan pesawat VVIP, VIP dan reguler pada hari ini dapat berjalan dengan lancar," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/5).

Berdasarkan data Ditjen Perhubungan Udara, Direktorat Angkutan Udara, pada hari ini, Selasa (5/9), mulai siang hingga malam hari, dilaporkan terdapat sebanyak 12 pesawat tamu VVIP dan VIP mendarat di Bandara Komodo Labuan Bajo.

Baca Juga: Menhub Pastikan Transportasi Laut Layani Maksimal Sukseskan KTT ASEAN di Labuan Bajo

Sebanyak 7 (tujuh) pesawat membawa tamu VVIP yang mendarat. Yaitu Perdana Menteri Kamboja Samdech Akka Moha Sena Padei Techo Hun Sen yang tiba pukul 13.20 WITA.

Kemudian, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh (14.20 WITA), Perdana Menteri Malaysia Dato Seri Anwar Bin Ibrahim (15.35 WITA), Perdana Menteri Laos Sonexay Siphandone (16.10 WITA). Selanjutnya, Presiden Filipina Ferdinand R. Marcos (16.50 WITA), dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong (18.00 WITA).

Sedangkan 5 (lima) pesawat membawa tamu VIP yang mendarat. Yaitu Menteri Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kamboja dan Sekretaris Kesejahteraan Sosial dan Pengembangan Filipina menggunakan pesawat reguler tiba pukul 12.55 WITA.

Kemudian, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia Tengku Zafrul bin Abd Aziz (15.37 WITA), Menteri Pilar Sosial Vietnam Nguyen Ba Hoan (penerbangan reguler, 16.40 WITA), dan Deputi Menteri, Kementerian Investasi dan Kerja Sama Ekonomi Luar Negeri Myanmar (penerbangan reguler, 18.35 WITA).

Para tamu negara disambut secara meriah dengan tari - tarian tradisional Nusa Tenggara Timur (NTT). Sejumlah Menteri turut menyambut kedatangan para tamu VVIP, termasuk Menhub yang menyambut kedatangan Perdana Menteri Malaysia, Perdana Menteri Laos dan Presiden Filipina.

Selain pesawat VVIP dan VIP, sebanyak 9 penerbangan reguler juga mendarat dan terlayani dengan baik.

Kesembilan pesawat tersebut yakni: Batik Air rute Denpasar-Labuan Bajo pada pukul 09.17 WITA, Lion Air rute Surabaya-Labuan Bajo (09.38 WITA), Wings Air rute Bajawa-Labuan Bajo (11.27 WITA) Citilink rute Jakarta-Labuan Bajo (11.12 WITA).

Lalu, Batik Air rute Denpasar-Labuan Bajo (12.45 WITA), Batik Air rute Jakarta-Labuan Bajo (15.12 WITA), Batik Air rute Denpasar-Labuan Bajo (17.18 WITA), Garuda Indonesia rute Jakarta-Labuan Bajo (18.35 WITA), dan Air Asia rute Jakarta-Labuan Bajo (19.14 WITA).

Baca Juga: Sehari Jelang KTT ASEAN, Jokowi Tinjau RSUD Komodo: Peralatan Sudah Sangat Bagus

Untuk menjamin pemenuhan aspek keselamatan, keamanan dan kelancaran lima jenis penerbangan yaitu: VVIP, militer, charter, private, maupun penerbangan reguler, Kemenhub telah melakukan sejumlah pengaturan untuk menyeimbangkan pergerakan kelima jenis penerbangan tersebut.

Selama kegiatan KTT ASEAN berlangsung, Kemenhub tidak menutup akses penerbangan reguler dari dan ke Labuan Bajo. Operasional bandara dibuka 24 jam dan diberikan slot bagi maskapai untuk melakukan penambahan atau extra flight.

Pengaturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SE 6 Tahun 2023 tentang Pengaturan Operasional Penerbangan Selama Penyelenggaraan KTT ASEAN ke-42 Tahun 2023 di Bandar Udara Komodo, Labuan Bajo, yang telah diterbitkan pada 18 April 2023 dan mulai berlaku pada 7 s.d 13 Mei 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru