Kementan latih dosen Polbangtan dan pendamping dukung food estate Boyolali

Minggu, 06 Juni 2021 | 19:14 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kementan latih dosen Polbangtan dan pendamping dukung food estate Boyolali

Dukung food estate Boyolali, Kementan latih dosen Polbangtan dan pendamping untuk penerjunan mahasiswa


AGRIBISNIS - JAKARTA. Sebanyak enam Dosen Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Kementerian Pertanian yang ada di Yogyakarta dan Magelang (Polbangtan Yoma) mengikuti rangkaian acara Training of Trainer (ToT) Pendampingan Mahasiswa Alumni Polbangtan Yoma dan Alumni Perguruan Tinggi Mitra di BPP Ngemplak, Kabupaten Boyolali pada Kamis (3/6) dan Jumat (4/6). 

Kegiatan ini dimaksudkan untuk menyiapkan dosen dan pendamping dalam program penerjunan Mahasiswa Polbangtan Yoma ke Kawasan Pengembangan Food Estate dan Kawasan Pertanian di Wilayah Kabupaten Boyolali. 

Penerjunan Mahasiswa sendiri bertujuan untuk mempercepat terbangunnya satu data pertanian dalam satu sistem big data serta penguatan penyuluhan pertanian dan Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) tingkat kecamatan serta pengembangan Kawasan Food Estate yang saat ini menjadi konsen utama Pembangunan Pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menekankan pentingnya satu data pertanian dan pengembangan kawasan food estate demi tercapainya tujuan pembangunan pertanian yaitu terjaminnya ketersedian pangan nasional.

Baca Juga: Perkuat Food Estate, Polbangtan Yoma kirimkan dosen ahli ke Kalimantan Tengah

“Pertama-tama kita harus memiliki data yang akurat, sehingga semua orang akan menjadikan itu sebagai acuan awal dan akhir. Yang kedua, kita harus punya ketahanan pangan yang kuat demi mencapai ketahanan negara yang kuat. Lumbung-lumbung pangan harus segera dibangun di berbagai kawasan agar tujuan swasembada pangan bagi 267 juta rakyat segera terwujud,” tegas Syahrul dalam keterangannya, Minggu (6/6).

Sementara itu, Kepala Badan PPSDMP, Kementan, Dedi Nursyamsi menyampaikan  salah satu program aksi BPPSDMP adalah mendukung dan menyukseskan program utama Kementan. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban unit kerja BPPSDMP yang berada di daerah untuk siap sedia menyediakan SDM handal dan profesional.

Direktur Polbangtan Yoma Bambang Sudarmanto menambahkan bahwa kegiatan pendampingan ini nantinya juga akan terintegrasi dengan kegiatan Pengembangan Kawasan Food Estate Boyolali, yang saat ini juga menjadi konsen utama Kementerian Pertanian. 

Baca Juga: Kemenkeu: Implementasi penyaluran subsidi pupuk bermasalah

Editor: Noverius Laoli

Terbaru