Kereta Cepat Jakarta Bandung Terkoneksi dengan LRT dan KA Feeder

Senin, 05 Desember 2022 | 10:03 WIB   Reporter: Venny Suryanto
Kereta Cepat Jakarta Bandung Terkoneksi dengan LRT dan KA Feeder

ILUSTRASI. Kereta Cepat Jakarta Bandung Terkoneksi dengan LRT dan KA Feeder, rute Jakarta - Bandung Hanya 1 Jam. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.


KERETA CEPAT - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan dua layanan kereta api yang akan menghubungkan pusat kota Jakarta dan Bandung dengan Stasiun Kereta Cepat. Layanan tersebut adalah LRT Jabodebek dan KA Feeder Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan hadirnya LRT Jabodebek dan KA Feeder ini akan mempermudah konektivitas masyarakat yang bebas kemacetan dan tepat waktu. 

“Dengan menggunakan LRT Jabodebek, pelanggan cukup menempuh waktu selama 20 menit dari Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas menuju Stasiun LRT Jabodebek Halim,” jelas dia dalam keterangan resminya, Senin (5/12). 

Baca Juga: KAI Operasikan 56 Kereta Tambahan untuk Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023

Pelanggan nantinya dapat langsung berpindah dari Stasiun LRT Jabodebek Halim ke Stasiun KCJB Halim. Hal ini karena kedua layanan tersebut telah terintegrasi pada lokasi yang sama.

Untuk mempermudah masyarakat, headway LRT Jabodebek pada rute Dukuh Atas - Halim pada jam sibuk dapat mencapai 8 menit sekali. Hal tersebut dapat direalisasikan karena KAI sudah menerapkan teknologi paling modern dalam operasional LRT Jabodebek.

Setelah menempuh perjalanan LRT Jabodebek selama 20 menit, perjalanan KCJB dari Stasiun KCJB Halim menuju Stasiun KCJB Padalarang akan ditempuh hanya dalam waktu kurang dari 30 menit. 

Di Padalarang, KAI telah menyediakan layanan KA Feeder yang jadwalnya menyesuaikan dengan jadwal kedatangan KCJB. Adapun waktu tempuh KA Feeder KCJB untuk menuju Stasiun Bandung adalah hanya 18 menit.

KAI juga mempersiapkan sarana dan prasarana untuk operasional KA Feeder KCJB. Sarana KA Feeder berupa lima rangkaian KRDE dimana setiap rangkaiannya terdiri dari lima kereta. 

“Dalam satu rangkaian, KA Feeder KCJB berkapasitas 280 pelanggan. Guna menambah kenyamanan pelanggan, KA Feeder KCJB dilengkapi dengan fasilitas rak bagasi dan toilet,” jelas dia. 

Baca Juga: Ini Tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung Jarak Dekat dan Jauh di 3 Tahun Pertama

Adapun untuk prasarana KA Feeder KCJB, saat ini pembangunan fisik Hall atau ruang tunggu khusus pelanggan KCJB di Stasiun Bandung dan Cimahi telah selesai 100%. 

Sedangkan di Stasiun Padalarang masih dalam proses pembangunan. KAI dan KCIC saat ini sedang menyiapkan fasilitas dan standar pelayanan minimum untuk park and ride dan ruang tunggu KA Feeder KCJB.

“Hadirnya LRT Jabodebek dan KA Feeder KCJB ini diharapkan menjadi daya tarik masyarakat untuk menggunakan KCJB yang merupakan kereta cepat pertama di Asia Tenggara,” tutup Joni. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .
Terbaru