KPU DKI Tetapkan 8,2 Juta Orang Masuk DPT Pemilu 2024

Rabu, 07 Februari 2024 | 13:42 WIB Sumber: Kompas.com
KPU DKI Tetapkan 8,2 Juta Orang Masuk DPT Pemilu 2024

ILUSTRASI. KPU DKI Jakarta menyatakan 8,25 juta warga di Ibu Kota telah masuk daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu serentak 2024. ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/tom.


PEMILU 2024 - JAKARTA. Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menyatakan 8,25 juta warga di Ibu Kota telah masuk daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu serentak 2024.

Anggota Divisi Data dan Informasi KPU DKI Jakarta Fahmi Zikrillah mengatakan, sejumlah warga yang masuk DPT itu tersebar di 30.766 tempat pemilihan suara (TPS).

"Itu yang tersebar di 30.766 TPS. Untuk 56 di antaranya berada di lokasi khusus, yakni lapas dan rutan," ujar Fahmi di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Data yang dipaparkan KPU DKI Jakarta itu diketahui setelah sinkronisasi data ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk memastikan para penghuni lapas DPT Pemilu 2024.

Baca Juga: Presiden Tetapkan Hari Pemilu 14 Februari 2024 Sebagai Hari Libur Nasional

"Datanya sudah diserahterimakan. Setelah penetapan DPT, tak ada lagi pengurangan data pemilih. Yang ada kami menyusun daftar pemilih tambahan (DPTb) yang pindah memilih," ucap Fahmi.

"Sampai hari ini, tadi pukul 08.35 WIB. Itu ada sejumlah 117.754 pemilih yang melakukan pindah masuk ke DKI Jakarta," sambung Fahmi.

KPU DKI saat ini masih membuka pengurusan pindah pemilih dengan batas waktu pengajuan Rabu, malam.

Ada empat syarat bagi warga untuk pindah memilih yakni menjalankan tugas di tempat lain pada saat hari pemungutan suara dan menjalani rawat inap di fasilitas pelayanan kesehatan dan keluarga yang mendampingi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tegaskan Aparat Harus Netral pada Pemilu

Kemudian, penyandang disabilitas yang menjalani perawatan di panti sosial dan panti rehabilitasi serta warga yang tengah menjalani rehabilitasi narkoba.

"Tentu hari ini adalah hari terakhir masyarakat yang ingin pindah memilih," kata Fahmi.

Artikel ini tlah tayang di Kompas.com dengan judul "KPU DKI Tetapkan 8,2 Juta Orang Masuk DPT Pemilu 2024, Tersebar di 30.766 TPS"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru