Lagi, tangki di Kilang Cilacap Pertamina terbakar

Sabtu, 13 November 2021 | 21:09 WIB   Reporter: Filemon Agung
Lagi, tangki di Kilang Cilacap Pertamina terbakar

Warga menonton kobaran api yang terlihat di Kilang Pertamina Internasional (KPI) RU IV Cilacap, Jawa Tengah (13/11/2021).

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kebakaran pada tangki di area kilang milik PT Pertamina (Persero) kembali terjadi. Kali ini kebakaran terjadi pada satu tanki di Kilang Cilacap.

Corporate Secretary Subholding Refining & Petrochemical PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya menjelaskan kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 19.30 WIB. "Saat ini tim pemadam kebakaran Pertamina tengah berupaya maksimal untuk melakukan pemadaman di area tanki yang mengalami kebakaran," ungkap Ifki dalam keterangan resmi, Sabtu (13/11).

Kendati demikian, penyebab kebakaran pada tanki tersebut belum diketahui. Ifki melanjutkan, pada saat bersamaan pihaknya juga tengah melakukan pengecekan masyarakat di sekitar area kejadian untuk memastikan masyarakat dalam kondisi aman. "Kami akan segera update progres upaya pemadaman yang berlangsung," kata Ifki.

Baca Juga: Menteri ESDM undang investor jajaki potensi bisnis EBT

Setidaknya, dalam kurun 11 bulan pertama di tahun ini telah terjadi tiga insiden kebakaran pada tanki di area kilang milik Pertamina.

Sebelumnya, pada 29 Maret 2021 kebakaran melanda tangki T-301 di Kilang Balongan. 

Kemudian, kebakaran melanda area Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap yang terjadi pada Jumat (11/6) sekitar pukul 19.45 WIB.  Peristiwa kebakaran itu terjadi pada tangki T39 yang berisi benzena untuk produk dasar petrochemical di Kilang Cilacap.  

Pada saat terbakar, tangki di area bundwall hanya berisikan sepertiga produk benzena atau sebanyak 1.100 barrel dari kapasitas tanki 3.000 barel.

 

Selanjutnya: Hingga tutup tahun 2021, Antam fokus mengoptimalkan produksi dan penjualan

Editor: Handoyo .
Terbaru