Umum

Manfaat masker kentang beserta cara membuatnya

Jumat, 30 Oktober 2020 | 13:30 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Manfaat masker kentang beserta cara membuatnya


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak manfaat masker kentang yang bisa dirasakan oleh kulit Anda. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan berbagai macam nutrisi dan mineral. Mulai dari antioksidan, vitamin C, magnesium, vitamin B1, fosfor, dan lain sebagainya.

Stylecraze (stylecraze.com) mengatakan bahwa menggunakan masker yang terbuat dari kentang secara rutin dapat menyamarkan noda hitam. Peradangan kulit yang disebabkan oleh ruam dan sejenisnya juga bisa mereda karena bahan alami ini.

Antioksidan dalam kentang juga berfungsi menjaga kulit dari paparan polusi. Dengan begitu, tanda-tanda penuaan pun tak nampak di kulit Anda. Cara membuat masker kentang cukup mudah dan bisa dikombinasikan dengan bahan alami lainnya.

Pemutih Wajah

Kentang juga bisa Anda manfaatkan untuk memutihkan wajah, lo. Caranya adalah dengan mengkombinasikannya bersama madu. Zat asam dari kentang berperan sebagai pencerah alami sedangkan madu bertugas untuk melembabkan kulit.

Baca Juga: Ingin miliki wajah cerah? Coba 4 masker alpukat ini, yuk

Pertama, campurkan 3 sdm jus kentang dan 2 sdm madu. Setelah teraduk rata, gunakan masker pada wajah dan leher dan diamkan selama 10 hingga 15 menit atau sampai mengering lalu bilas. Anda bisa menggunakan masker ini setiap hari untuk mendapat hasil yang maksimal.

Mengobati Jerawat

Manfaat masker kentang dan tomat bisa obati jerawat.

Manfaat masker kentang selanjutnya adalah bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Fungsi tersebut bisa Anda dapat saat mencampurnya dengan tomat dan madu. Stylecraze mengatakan bahwa antioksidan dari bahan-bahan tersebut mampu melawan radikal bebas.

Selain itu, zat asam dari tomat dan kentang mampu membuka pori-pori kulit sehingga kotoran yang menyumbat lebih mudah keluar. Bahan yang perlu Anda siapkan adalah 1 sdm jus kentang, 1 sdm jus tomat, dan 1 sdm madu.

Campurkan semua bahan itu hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan pada wajah dan area berjerawat lainnya. Diamkan masker pada wajah selama 15 hingga 20 menit lalu bilas dengan air. Anda bisa menggunakan masker ini sekali sehari sampai jerawat hilang.

Baca Juga: 4 Cara membuat masker madu terbaik untuk wajah

Mengatasi  Kulit Berminyak

Bagi sebagian orang, kulit berminyak merupakan sumber masalah yang sulit diselesaikan. Namun, Anda tak perlu khawatir lagi karena manfaat masker kentang lainnya adalah mengatasi masalah tersebut. Anda hanya perlu mencampurkan kentang dengan oatmeal, susu, dan air lemon.

Pertama, remukkan 3 kentang yang sudah direbus hingga benar-benar halus. Setelah itu, campurkan dengan 2 sdm susu, 1 sdm oatmeal, dan 1 sdt air lemon. Gunakan pada wajah lalu diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air. Anda bisa menggunakan cara ini dua kali dalam seminggu.

Kentang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih. Artinya, sebum dan jenis kotoran lain akan berkurang. Di sisi lain, oatmeal bermanfaat untuk melembabkan kulit dan membuat kulit memproduksi minyak lebih sedikit.

Selanjutnya: 3 Cara membuat masker tomat, bisa obati jerawat

Editor: Belladina Biananda


Terbaru